135. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang

Authors

  • Deni Winda Prasiska
  • Ngatmini
  • Theresia Danik Kristanti

Keywords:

keterampilan menulis, surat pribadi, CTL (Contextual Teaching and Learning)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis surat pribadi dengan penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada peserta didik kelas VII A. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Semarang. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang yang terdiri dari 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus, siklus I, sampai dengan siklus II. Peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 15% dan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan secara signifikan yaitu sebesar 53%. Hasil persentase pada prasiklus ini sebanyak 25%, yaitu 8 dari 32 peserta didik yang mencapai ketuntasan, dan 24 dari 32 peserta didik yang belum mencapai ketuntasan, dengan nilai rata-rata sebesar 65,59. Hasil persentase pada siklus I sebanyak 40% yaitu 13 dari 32 peserta didik yang mencapai ketuntasan, dan 19 dari 32 peserta didik yang belum mencapai ketuntasan, nilai rata- rata sebesar 69,21. Dan hasil persentase pada siklus II sebanyak 93% yaitu 30 dari 32 peserta didik yang mencapai ketuntasan dan 2 peserta didik yang belum mencapai ketuntasan, nilai rata-rata sebesar 80,12. Pada siklus I penerapan pendekatan CTL berkategori cukup baik dengan rata-rata 69,21. Setelah diperbaiki pada siklus ke-II dalam penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berkategori baik dengan perolehan rata-rata 80,12.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Prasiska, D. W. ., Ngatmini, & Kristanti, T. D. . (2023). 135. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1242–1248. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4075

Issue

Section

Prosiding 2023