P PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSSION, EXPLAIN, CREATE) PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS SURAT PRIBADI KELAS VII SMP NEGERI 6 SEMARANG
Keywords:
RADEC, peningkatan, teks surat pribadiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 pada materi menulis teks surat pribadi melalui penerapan model pembelajaran RADEC (read, answer, discuccion, explain, and create). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data dilakukan melalui dua teknik yaitu kualitatif dan kuantitatif (menggunakan rumus statistik sederhana). Hasil analisis data pada penelitian ini disajikan secara formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar peserta didik yaitu 52,94% dengan nilai rata-rata 71. Persentase ketuntasan belajar tersebut mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 100 % dan nilai rata-rata 82. Selain itu, hasil data nontes menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model RADEC dapat terlaksana dengan baik dan peserta didik menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi menulis teks surat pribadi dengan menerapkan mode pembelajaran RADEC (read, answer, discussion, explain, and create) mengalami peningkatan yang signifikan.
References
Anugerah Agung Pohan, Y. A. (n.d.). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ardista Octaviana, D. M. (2023). Implementasi Model Problem Based Learnng (PBL) Berbantuan Media Wordwall. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Universitas PGRI Madiun.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Dadan Setiawan, W. S. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model Pembelajaran RADEC. Premiere Educandum: Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. PT RajaGrafindo Persada.
Dewi Sri Handayani, S. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi oleh Siswa Kelas VII SMP Pertiwi Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pendidikan Tambusai.
Dwitha Evayanti, M. S. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas III A. Ilmiah Sekolah Dasar.
Gusmilarni, F. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Anyflip pada Materi Sistem Koordinasi Siswa Kelas XI. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi.
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran. Solo: Insan Cendikia Mandiri.
Helaluddin, A. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Banten: Media Madani.
Iskandarwassid, D. S. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kosasih, E. (2019). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Ngatmini, S. U. (n.d.). Dasar-dasar Korespondensi Bahasa Indonesia. UPGRIS Press.
Putri Larasati, I. B. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall.net sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia.
Rosmaini, A. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall dalam Teks Cerpen Siswa Kelas XI Mas Proyek Univa Medan. Jurnal Dialect.
Semi, M. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
W. Soepandi, Y. P. (2018). Profil Perubahan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Dasar dan Menengah Melalui Sosialisasi dan Workshop Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC). Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajarannya.
Wahyu Naldi, S. G. (2023, Juli 7). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).