PENINGKATAN HASIL BELAJAR TERHADAP PELAJARAN SURAT PRIBADI MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA FLIPPINGBOOK PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 6 SEMARANG

Authors

  • Kartika Tri Amanda Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Metode TAI, Fleepingbook

Abstract

Penelitian ini menerapakan metode pembelajaran dan pemanfaat media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Sesuai dengan permasalahan yang ditemukan perlu perbaikan agar hasil belajar pada peserta didik meningkat. Peneliti menggunakan metode Kooperatif Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan berbantuan media pembelajaran fleepingbook sealama proses pembelajaran. Pada penelitian ini dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru di kelas VII D SMPN 6 Semarang menggunakan data kuantitatif meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.Dalam proses pembelajaran mengidentifikasi struktur dan unsur-unsur teks berita terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Pada setiap siklus terdiri empat tahap yaituperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penggunaan metode Kooperatif Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materimenulis surat resmi terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata yang diperoleh 57,38 pada tes awal meningkat menjadi pada siklus I 78,91 dan meningkat menjadi pada siklus II menjadi 94,35. Presentase ketuntasan pada tes awal 5,88 meningkat menjadi 76,47% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus II.

References

Abdullah, Suntoko, Tedi Purbangkara, dan Ade Abikusna. (2022). Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Agung, Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung

Persada (GP) Press.

Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta :Panitia Sertifikasi

Guru Rayon 13 Surakarta.

Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kharisma Putra Utama

Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Dewantara, K. H. (2011). Bagian pertama: pendidikan (Cetakan Ke).

Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Firmansyah,Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal pendidikan unsika. Volume 3 (1):32-44. [Online] diakses tanggal 21 juni dari https://journal.unsika.ac.id/inde x.php/judika/article/view/199

B. Uno, (2017) TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Erwin . 2009. Penerapan Pendekatan Konstektual dengan Strategi Pembelajaran Tipe Snow Ball dalam Meningkatkan Keaktifan siswa dan Hasil Belajar matematika. Skripsi. Surakarta : UMS (tidak diterbitkan).

Mariskha (2015) , Memahami Surat Formal Disertai Berbagai Macam Contoh Surat. Yogyakarta: Yogyakarta Graha Ilmu.

Nugraha, Ugi. 2015. “Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi.

Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspiko m.v3i3.154

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Semi, M. Atar Semi. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis.

Bandung: Angkasa.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa

Media

Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT.

Pustaka Insan Madani.

Susliana, R & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung CV. Wacana Prima.

Tohirin, 2007, Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Amanda, K. T., & Ngatmini. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR TERHADAP PELAJARAN SURAT PRIBADI MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA FLIPPINGBOOK PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 6 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 186–193. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5883

Issue

Section

Bahasa Indonesia