PENINGKATAN HASIL BELAJAR TERHADAP PELAJARAN SURAT PRIBADI MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA FLIPPINGBOOK PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 6 SEMARANG
Keywords:
Metode TAI, FleepingbookAbstract
Penelitian ini menerapakan metode pembelajaran dan pemanfaat media pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII. Sesuai dengan permasalahan yang ditemukan perlu perbaikan agar hasil belajar pada peserta didik meningkat. Peneliti menggunakan metode Kooperatif Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan berbantuan media pembelajaran fleepingbook sealama proses pembelajaran. Pada penelitian ini dalam bentuk kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru di kelas VII D SMPN 6 Semarang menggunakan data kuantitatif meliputi observasi, tes, dan dokumentasi.Dalam proses pembelajaran mengidentifikasi struktur dan unsur-unsur teks berita terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Pada setiap siklus terdiri empat tahap yaituperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penggunaan metode Kooperatif Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada materimenulis surat resmi terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata yang diperoleh 57,38 pada tes awal meningkat menjadi pada siklus I 78,91 dan meningkat menjadi pada siklus II menjadi 94,35. Presentase ketuntasan pada tes awal 5,88 meningkat menjadi 76,47% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 100% pada siklus II.
References
Abdullah, Suntoko, Tedi Purbangkara, dan Ade Abikusna. (2022). Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Agung, Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung
Persada (GP) Press.
Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta :Panitia Sertifikasi
Guru Rayon 13 Surakarta.
Arikunto. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kharisma Putra Utama
Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Dewantara, K. H. (2011). Bagian pertama: pendidikan (Cetakan Ke).
Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Firmansyah,Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal pendidikan unsika. Volume 3 (1):32-44. [Online] diakses tanggal 21 juni dari https://journal.unsika.ac.id/inde x.php/judika/article/view/199
B. Uno, (2017) TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
Erwin . 2009. Penerapan Pendekatan Konstektual dengan Strategi Pembelajaran Tipe Snow Ball dalam Meningkatkan Keaktifan siswa dan Hasil Belajar matematika. Skripsi. Surakarta : UMS (tidak diterbitkan).
Mariskha (2015) , Memahami Surat Formal Disertai Berbagai Macam Contoh Surat. Yogyakarta: Yogyakarta Graha Ilmu.
Nugraha, Ugi. 2015. “Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi.
Nurhadi, Z. F. (2017). Model Komunikasi Sosial Remaja Melalui Media Twitter. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 539. https://doi.org/10.24329/aspiko m.v3i3.154
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Semi, M. Atar Semi. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis.
Bandung: Angkasa.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa
Media
Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT.
Pustaka Insan Madani.
Susliana, R & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung CV. Wacana Prima.
Tohirin, 2007, Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada