161. Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Dalam Peningkatan Softskill Dan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi SMA

Authors

  • Brillian Delila Azza Universitas PGRI Semarang
  • Maria Ulfah Universitas PGRI Semarang
  • Nanik Widayati SMA Negeri 6 Semarang

Keywords:

Curturally Responsive Teaching (CRT), softskill, keaktifan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan pendekatan Curturally Responsive Teaching (CRT) perserta didik kelas XI MIPA SMA N 6 Semarang terhadap softskill dan keaktifan peserta didik. Dengan jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI MIPA yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian mengenai penerapan CRT terhadap softskill dan keatifan peserta didik pada materi biologi  dengan cara mengumpulkan data melalui lembar observasi (angket), wawancara langsung dengan guru dan perserta didik, dan dokumentasi. Hasil Penelitian terbukti bahwa penerapan pendekatan CRT memberikan hasil positif terhadap softskill dan keaktifan perserta didik kelas XI MIPA pada pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Azza, B. D., Ulfah, M., & Widayati, N. (2023). 161. Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Dalam Peningkatan Softskill Dan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1464–1473. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4132

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)