153. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pengerjaan LKPD Berbasis HOTS Dalam Mata Pelajaran Biologi
Keywords:
berpikir kritis, berpikir kreatif, LKPD HOTSAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan pengerjaan lembar kerja peserta didik berbasis high order thinking skills, 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah penerapan pengerjaan lembar kerja peserta didik berbasis high order thinking skills, 3) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan pengerjaan lembar kerja peserta didik berbasis high order thinking skills. Penelitian yang dilakukan berupa Penelitian Tindakan Kelas dengan tindakan meliput empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Semarang dengan subjek penelitian kelas XI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengerjaan lembar kerja peserta didik berbasis high order thinking skills dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik pada mata pelajaran Biologi. Hal ini terbukti dari hasil observasi peserta didik yang terus meningkat. Pada siklus ke I rata-rata kemampuan berpikir kritis dari 36 peserta didik mencapai 81% dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai 81%. Pada siklus ke II mengalami peningkatan dimana rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 88% dan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa menjadi 89%.