Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pelajaran Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kuis Cerdas Cermat di Smk Negeri 2 Semarang
Keywords:
Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Kuis Cerdas CermatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan berpikir kritis peserta didik kelas XI PM 3 materi Sengketa Batas Wilayah Blok Ambalat Antara Indonesia dan Malaysia di SMK Negeri 2 Semarang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis kuis cerdas cermat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI PM 3 SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap dalam tiap siklusnya, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekniks tes, observasi, dan pengamatan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan terhadap data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis kuis cerdas cermat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI PM 3. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan dan penilaian hasil belajar yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus II rata-rata peserta didik memperoleh kriteria aktif. prasiklus, siklus I, dan siklus II juga menunjukkan hasil yang positif. Pada siklus II Nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa sudah mencapai 81,03, melampaui nilai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 80. Presentase ketuntasan pada siklus II mencapai 93,75%.
References
Buku
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bloom, Benjamin.2009.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Fitrah, M., & Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukandarrumidi. 2006. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jurnal
Haris, V. (2016). PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN LOMBA CERDAS CERMAT: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-G SMP Negeri 4 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.
Ningsi, S., Gani, T., & Auliah, A. (2020). Pengembangan Teknik Cerdas Cermat Kimia Berbasis HOTS dalam Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Chemistry, 4(1), 1-9.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93-108.
Sidiq, S. (2018). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PERMAINAN KUIS CERDAS CERMAT. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 41-48.
Subandi, A. (2017). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-5 SMPN 1 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1)