Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Ipas Melalui Model Pbl Berbantuan Kuis Interaktif Kelas V Sdn Sawah Besar 01 Semarang
Keywords:
Problem Based Lerning, Kuis Interaktif, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk melihat perubahan tingkat hasil belajar siswa kognitif melalui model Pbl berbantu kuis interaktif pada kelas V pada pembelajaran IPAS . Peserta didik dikelas V yaitu peserta didik yang sangat aktif dan sulit fokus dalam belajar,oleh karena itu dibutuhkan kegiatan pembelajaran yang menarik minat sehingga mewadahi keaktifan tinggi pada peserta didik . Meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, penting bagi pembelajaran menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan model Problem Based Learning dengan berbantuan media kuis interaktif . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas V SDN Sawah Besar 01 Semarang . Kelas yang dijadikan subjek berjumlah 25 peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan media kuis interaktif . Nilai rata-rata kelas yang mencapai KKTP pada siklus 1 sebesar 60% . Pada siklus 2 terjadi peningkatan pada nilai rata-rata kelas yang mencapai KKTP sebesar 88%. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa penggunaan media kuis interaktif meningkatkan antusiasme peserta didik selama pembelajaran berlangsung, serta memungkinkan penyampaian materi pembelajaran dengan baik.
References
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423- 006-0143-4
AMIR, N. F., MAGFIRAH, I., MALMIA, W., & TAUFIK. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22–34. https://scholar.google.co.id/scho lar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_yl o=2020&q=Definisi+PBL&btnG= #d=gs_qabs&u=%23p%3DhVd GS6BRTBkJ
Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project- Based Learning ) Dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 453–462. http://symbion.pbio.uad.ac.id/pr osiding/prosiding/ID_333_Rizqa Devi_Revisi_Hal 453-462.pdf
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom action reserach pengembangan kompetensi guru. In Pena Persada
Batubara, R. M. dkk. (2022). A Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Quiz Team Subtema Aku dan Cita-citaku Dikelas IV SD Negeri 200405 Padangsidimpuan: Maisah Ranti …. Jurnal Jipdas (Jurnal …, 2(2), 39–49. http://jurnal.spada.ipts.ac.id/inde x.php/JIPDAS/article/view/316% 0Ahttp://jurnal.spada.ipts.ac.id/i ndex.php/JIPDAS/article/downlo ad/316/166
Hutami, S. S., Yayuk, E., & Bintari, Y. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SD NEGERI GABUSBANARAN JOMBANG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1804–1814.
Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460– 1467. https://doi.org/10.31004/basiced u.v4i4.753
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3 i2.945
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v 1i1.416
Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96. https://doi.org/10.24036/885141 2422020230
Widiastuti, R., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2082–2089. https://jbasic.org/index.php/basi cedu/article/view/1161