257. Upaya Peningkatan Hasil Belajara Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Materi Bahasa Indonesia Kelas 2 Sdn Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Yuli Cahyaningrum Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Hamidah Noer SDN Sawah Besar 01 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Landasan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pra siklus dengan rata-rata 73,6 dan persentase 36%. PTK kolaboratif adalah metode penelitian yang digunakan di penelitian ini. Sasaran penelitian ini yakni siswa kelas 2 berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi, tes siswa dan dokumentasi. Tindakan pengajaran berdasarkan model pembelajaran PBL akan menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan selama lima siklus, dengan setiap siklus memiliki dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-ratanya 56% dengan persentase 78,4. Pada siklus II rata-ratanya 64% dengan persentase 78,8. Dengan rata-rata 81,2 maka tingkat ketuntasan pada siklus III sebesar 72%. Pada siklus IV rata-ratanya 80% dengan persentase 86,4 dan pada siklus V rata-ratanya 88% dengan persentase 86,8 sehingga diduga model PBL dapat diterapkan untuk lebih mengembangkan hasil belajar kelas. 2 dalam mata pelajaran bahasa Indonesia tema 7 di SD N Sawah Besar 01 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Cahyaningrum, Y., Suneki, S., & Noer, H. (2023). 257. Upaya Peningkatan Hasil Belajara Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Materi Bahasa Indonesia Kelas 2 Sdn Sawah Besar 01 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2280–2290. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4332

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)