265. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL Berbantu Aplikasi QR-Code pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang

Authors

  • Cindy Ayu Pamungkas Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Donis Sanjaya SDN Sawah Besar 01 Semarang

Keywords:

hasil belajar, QR-Code, IPAS

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem-based learning (PBL) berbantu media aplikasi QR-Code pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian yang diterapkan menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data berupa deskriptif dari soal tes evaluasi dengan mencari rata-rata dan presentase hasil belajar. Dengan menggunakan aplikasi berbasis QR-Code dapat menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang baik, meningkat dan menyenangkan dari sebelum dan sesudah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini terdapat 26 siswa dikelas IV sebagai responden dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 21 siswa memiliki persentase 80% berhasil meningkatkan hasil belajarnya secara optimal. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat memanfaatkan aplikasi QR-Code sebagai media interaktif dalam menunjang pembelajaran yang lebih menarik, dapat menggali dapat menyelesaikan permasalahan yang ada serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pamungkas, C. A., Suneki, S., & Sanjaya, D. (2023). 265. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model PBL Berbantu Aplikasi QR-Code pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2336–2343. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4379

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)