25. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 3 Sdn Sawah Besar 01

Authors

  • Indra Pradana Kusuma
  • Fenny Roshayanti
  • Nani Kurniasari

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Video Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 3 SDN Sawah Besar 01 Kota Semarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2022 / 2023 menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Video Pembelajaran. Pada penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Sawah Besar 01 Kota Semarang yang berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar Bahasa Indonesia antara pra-siklus dan setelah siklus. Dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning berbantuan Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang materi “Perkembangan Teknologi”. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra-siklus hanya 11 siswa atau 39% yang tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau 64% yang tuntas. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 siswa atau 85% yang tuntas. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥85% dari seluruh siswa dengan KKM ≥70.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Kusuma, I. P., Roshayanti, F. ., & Kurniasari, N. . (2023). 25. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas 3 Sdn Sawah Besar 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 207–214. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3897

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)