250. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Kelas 1 SD N Sawah Besar 01 Kota Semarang

Authors

  • Myo Opidianto
  • Sri Suneki
  • Donis Sanjaya

Keywords:

Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini didasari dengan masih kurangnya hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Bab 7. Metode yang digunakan ialah metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 1 SD N Sawah Besar 01 Kota Semarang dengan jumlah siswa 28. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu dengan pengamatan, tes serta dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk merefleksi tindakan proses pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 siswa kelas 1 SD N Sawah Besar 01 Kota Semarang melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilakukan selama 5 siklus dengan setiap siklusnya 2 pertemuan. Didapatkan dari penelitian ini hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan presentase sebesar 54% dengan nilai rata-rata 72,1. Pada siklus II tingkat keberhasilan sebesar 64% dengan nilai rata-rata 77,5. Pada siklus III tingkat keberhasilan sebesar 79% dengan nilai rata-rata 80,5. Pada siklus IV peningkatkan hasil belajar siswa sebesar 82% dengan nilai rata-rata 82,1. Serta pada siklus V peningkatan hasil belajar siswa sebesar 93% dengan nilai rata-rata 86,1. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model problem based learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 di SD N Sawah Besar 01 Kota Semarang.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Opidianto, M. ., Suneki, S. ., & Sanjaya, D. . (2023). 250. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Kelas 1 SD N Sawah Besar 01 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2219–2227. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4317

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)