210. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDN 3 Jebol pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Siti Khotimah
  • Kartinah
  • Dewi Khotijah

Keywords:

Hasil belajar, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Make A Match

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik yang belum optimal pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Prosedur kerja penelitian tindakan kelas melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas II SDN 3 Jebol semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Jumlah peserta didik kelas II ada 28 orang, terdiri dari 18 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian diperoleh dari hasil evaluasi peserta didik. Data hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II disajikan dalam bentuk tabel dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di Siklus II dengan rata-rata 81,8 dengan jumlah 26 siswa (92,9%). Oleh karena itu, ditarik simpulan untuk penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Khotimah, S. ., Kartinah, & Khotijah, D. . (2023). 210. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDN 3 Jebol pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1881–1887. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4274

Issue

Section

Prosiding 2023