210. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II SDN 3 Jebol pada Mata Pelajaran Matematika
Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Make A MatchAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar peserta didik yang belum optimal pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Prosedur kerja penelitian tindakan kelas melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas II SDN 3 Jebol semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Jumlah peserta didik kelas II ada 28 orang, terdiri dari 18 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian diperoleh dari hasil evaluasi peserta didik. Data hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II disajikan dalam bentuk tabel dan diagram batang. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di Siklus II dengan rata-rata 81,8 dengan jumlah 26 siswa (92,9%). Oleh karena itu, ditarik simpulan untuk penggunaan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika.