UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN CAKAR PENYU

Authors

  • Isnaini Rofiqotusy Syarifah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

belajar, cakar penyu, keaktifan

Abstract

Banyak peserta didik sulit memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari kurangnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang bisa menimbulkan keaktifan, sehingga peserta didik dapat lebih memahami pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi adalah dengan mengembangkan metode pembelajaran yang mengajak  peserta didik untuk belajar kelompok. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  permainan cakar penyu. Metode  ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik SMPN 37  Semarang kelas VIII C tahun pelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan PTK dengan  menggunakan  rancangan  penelitian tindakan kelas yang  terdiri dari dua siklus, sedangkan  metode untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, yaitu dengan cara observasi mengenai  keaktifan  peserta didik dalam  melakukan  proses  belajar. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa pada  siklus I  persentase keaktifan  peserta didik sebesar 34% dan  pada siklus II persentase  keaktifan peserta didik sebesar 80%. Keaktifan peserta didik meningkat sebesar 50%, hal ini menunjukkan bahwa metode cakar penyu dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

 

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Syarifah, I. R. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN CAKAR PENYU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 109–118. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4774

Issue

Section

Prosiding 2023