UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PERMAINAN CAKAR PENYU
Keywords:
belajar, cakar penyu, keaktifanAbstract
Banyak peserta didik sulit memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari kurangnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang bisa menimbulkan keaktifan, sehingga peserta didik dapat lebih memahami pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi adalah dengan mengembangkan metode pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar kelompok. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode permainan cakar penyu. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik SMPN 37 Semarang kelas VIII C tahun pelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan PTK dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, sedangkan metode untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, yaitu dengan cara observasi mengenai keaktifan peserta didik dalam melakukan proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase keaktifan peserta didik sebesar 34% dan pada siklus II persentase keaktifan peserta didik sebesar 80%. Keaktifan peserta didik meningkat sebesar 50%, hal ini menunjukkan bahwa metode cakar penyu dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.