Pembelajaran Berdiferensiasi pada Model Problem-based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik
Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, PBL, Keaktifan Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Ilmu matematika sangatlah penting untuk dipelajari karena banyak diterapkan pada kehidupan sehari-
hari, serta pada berbagai bidang ilmu dan pekerjaan. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan
bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik masih belum optimal. Tujuan penelitian
ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik melalui
penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada model Problem-based Learning. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2
siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Semarang. Pengumpulan
data dilakukan melalui tes prestasi belajar, observasi keaktifan belajar, serta dokumentasi sebagai data
pendukung. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ditemukan peningkatan keaktifan belajar peserta
didik dilihat dari rata-rata persentase skor keaktifan belajar pada pra siklus sebesar 62% atau kategori
cukup aktif menjadi 81% atau kategori aktif pada siklus 1, dan menjadi 87% atau kategori sangat aktif
pada siklus 2. Sedangkan peningkatan prestasi belajar peserta didik dilihat dari persentase ketuntasan
belajar klasikal pada pra siklus sebesar 42% dengan rata-rata nilai 69,8 menjadi 67% dengan rata-rata
nilai 74,4 pada siklus 1, dan menjadi 83% dengan rata-rata nilai 80,8 pada siklus 2. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada model Problem-based Learning dapat
meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik.
References
Awofala, A. O. A., & Lawani, A. O. (2020).
Increasing Mathematics Achievement
of Senior Secondary School Students
through Differentiated Instruction.
Journal of Educational Sciences, 4(1),
–19.
https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.1-
Bondie, R. S., Dahnke, C., & Zusho, A.
(2019). How Does Changing “One-
Size-Fits-All” to Differentiated
Instruction Affect Teaching? Dalam
Review of Research in Education
(Vol. 43, Nomor 1, hlm. 336–362).
SAGE Publications Inc.
https://doi.org/10.3102/0091732X18
Cevallos-torres, L., & Botto-Tobar, M.
(2019). Problem-Based Learning : A
Didactic Strategy in the Teaching of
System Simulation (1 ed.). Springer
Cham. https://doi.org/10.1007/978-
-030-13393-1
Dalila, A. A., Rahmah, S., Liliawati, W., &
Kaniawati, I. (2022). Effect of
Differentiated Learning in Problem
Based Learning on Cognitive Learning
Outcomes of High School Students.
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA,
(4), 1820–1826.
https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4
.1839
Fitriyani, T., Nugraha, U., & Sofwan.
(2023). Meningkatkan Keaktifan
Belajar Matematika Menggunakan
Model Pembelajaran Problem Based
Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 6(4), 2450–2456.
https://doi.org/https://doi.org/10.54
/jiip.v6i4.1639
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022).
Pembelajaran Berdiferensiasi Pada
Pembelajaran Matematika di
Kurikulum Merdeka. Lebesgue:
Jurnal Ilmiah Pendidikan
Matematika, Matematika dan
Statistika, 3(3), 636–646.
https://doi.org/10.46306/lb.v3i3
Harun, L. (2015). Eksperimentasi
Pembelajaran Matematika
Humanistik Berbasis Konstruktivistik
Menggunakan ICT Ditinjau dari
Kemampuan Awal Siswa. Prosiding
Seminar Nasional Matematika dan
Pendidikan Matematika UMS, 179–
Harun, L. (2022). Pengaruh Pembelajaran
Berbasis Masalah-
Ethnomathematics Terhadap
Kemampuan Penalaran Dan
Komunikasi Matematis Serta
Kemandirian Belajar Siswa.:
Penelitian Kuasi-Eksperimen Pada
Siswa Sekolah Menengah Pertama
[Doctoral Dissertation]. Universitas
Pendidikan Indonesia.
Indriati, W. (2022). Efforts to Increase
Activation and Students’ Learning at
Statistics Study Use the Model Based
Learning Problem with Microsoft
Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah
Guru, 7(2), 157–163.
https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i
321
Karimah, N., Rasimin, & Andiyaksa, R.
(2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan
Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota
Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai,
(2).
https://doi.org/doi.org/10.31004/jpt
am.v6i2.4514
Lei, H., Cui, Y., & Zhou, W. (2018).
Relationships Between Student
Engagement and Academic
Achievement: A Meta-analysis. Social
Behavior and Personality: an
international journal, 46(3), 517–
https://doi.org/10.2224/sbp.7054
Masitoh, S. I., Maharani, A., & Lubis, Y.
(2021). Peningkatan Hasil Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran
Turunan Fungsi Melalui Model
Pembelajaran Flipped Classroom.
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan
Matematika dan Matematika, 7(1),
https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.29-
Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A.
(2020). Classroom Action Research-
based Instruction: The Sustainable
Teacher Professional Development
Strategy. Journal of Teacher
Education for Sustainability, 22(1),
–110. https://doi.org/10.2478/jtes-
-0008
Nugraha, A. A., Purwati, H., Ariyanto, L., &
Sumarti. (2023). Problem-based
Learning Integrated with Flipped
Classrooms Assisted by Google Sites
to Improve Student Mathematics
Learning Achievement. Jurnal Pijar
Mipa, 18(5), 670–675.
https://doi.org/10.29303/jpm.v18i5.
Nugraha, A. A., Rizal, N., & Cahyono, A. N.
(2023). Mathematical Modelling
Ability in Outdoor Learning with
Mobile Math Trails. International
Journal on Emerging Mathematics
Education (IJEME), 7(1), 1–11.
https://doi.org/10.12928/ijeme.v7i1.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019).
Melakukan Penelitian Tindakan
Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu
Keislaman, 9(1), 49–60.
https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/ag
ama_islam/index
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y.
(2019). Hubungan Antara Gaya
Belajar dan Keaktifan Belajar
Matematika Terhadap Hasil Belajar
Siswa. EDUMATIKA: Jurnal Riset
Pendidikan Matematika, 2(2), 83–
https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode
Problem Based Learning Dalam
Meningkatkan Keaktifan Belajar
Siswa Pada Kelas XI IPS 1. Cetta:
Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–
http://jayapanguspress.penerbit.org/
index.php/cetta
Rohman, N., Fitri, N. H., Harun, L., &
Muhtarom. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah yang
Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya
Belajar Kolb dalam Meningkatkan
Hasil dan Aktivitas Belajar Materi
Peluang Kelas X SMA Negeri 6
Semarang. Seminar Nasional PPG
UPGRIS, 707–716.
Salleh, N. M., & Aiman, M. S. (2015).
Improving the Quality of Pupils’
Response in Science Inquiry
Teaching: a Participatory Action
Research. Procedia - Social and
Behavioral Sciences, 191, 1310–1316.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201
04.482
Sarie, F. N. (2022). Implementasi
Pembelajaran Berdiferensiasi dengan
Model Problem Based Learning pada
Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal
Tunas Nusantara, 4(2), 492–498.
Tomlinson, C. A. (2001). How to
Differentiate Instruction in Mixed-
ability Classrooms (2 ed.).
Association for Supervision and
Curriculum Development (ASCD).
Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated
Classroom : Responding to The Needs
of All Learners (2 ed.). Association for
Supervision and Curriculum
Development (ASCD).
www.ascd.org/deskcopy.
Wahab A., A., Suhartini, & Buhaerah.
(2022). Penerapan Model Kooperatif
Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan
Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika Al
Qalasadi, 6(1), 9–15.
https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6
i1.3718
Wawan, & Retnawati, H. (2022). Empirical
Study of Factors Affecting the
Students’ Mathematics Learning
Achievement. International Journal
of Instruction, 15(2), 417–434.
https://doi.org/10.29333/iji.2022.15
a
Wulandari, A. S. (2022). Literature Review:
Pendekatan Berdiferensiasi Solusi
Pembelajaran dalam Keberagaman.
Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–