Pembelajaran Berdiferensiasi pada Model Problem-based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik

Authors

  • Adam Arya Nugraha Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, PBL, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Ilmu matematika sangatlah penting untuk dipelajari karena banyak diterapkan pada kehidupan sehari-
hari, serta pada berbagai bidang ilmu dan pekerjaan. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan

bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik masih belum optimal. Tujuan penelitian
ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik melalui
penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada model Problem-based Learning. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2
siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 9 Semarang. Pengumpulan
data dilakukan melalui tes prestasi belajar, observasi keaktifan belajar, serta dokumentasi sebagai data
pendukung. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ditemukan peningkatan keaktifan belajar peserta
didik dilihat dari rata-rata persentase skor keaktifan belajar pada pra siklus sebesar 62% atau kategori
cukup aktif menjadi 81% atau kategori aktif pada siklus 1, dan menjadi 87% atau kategori sangat aktif
pada siklus 2. Sedangkan peningkatan prestasi belajar peserta didik dilihat dari persentase ketuntasan
belajar klasikal pada pra siklus sebesar 42% dengan rata-rata nilai 69,8 menjadi 67% dengan rata-rata
nilai 74,4 pada siklus 1, dan menjadi 83% dengan rata-rata nilai 80,8 pada siklus 2. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada model Problem-based Learning dapat
meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik.

References

Awofala, A. O. A., & Lawani, A. O. (2020).

Increasing Mathematics Achievement

of Senior Secondary School Students

through Differentiated Instruction.

Journal of Educational Sciences, 4(1),

–19.

https://doi.org/10.31258/jes.4.1.p.1-

Bondie, R. S., Dahnke, C., & Zusho, A.

(2019). How Does Changing “One-

Size-Fits-All” to Differentiated

Instruction Affect Teaching? Dalam

Review of Research in Education

(Vol. 43, Nomor 1, hlm. 336–362).

SAGE Publications Inc.

https://doi.org/10.3102/0091732X18

Cevallos-torres, L., & Botto-Tobar, M.

(2019). Problem-Based Learning : A

Didactic Strategy in the Teaching of

System Simulation (1 ed.). Springer

Cham. https://doi.org/10.1007/978-

-030-13393-1

Dalila, A. A., Rahmah, S., Liliawati, W., &

Kaniawati, I. (2022). Effect of

Differentiated Learning in Problem

Based Learning on Cognitive Learning

Outcomes of High School Students.

Jurnal Penelitian Pendidikan IPA,

(4), 1820–1826.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4

.1839

Fitriyani, T., Nugraha, U., & Sofwan.

(2023). Meningkatkan Keaktifan

Belajar Matematika Menggunakan

Model Pembelajaran Problem Based

Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 6(4), 2450–2456.

https://doi.org/https://doi.org/10.54

/jiip.v6i4.1639

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022).

Pembelajaran Berdiferensiasi Pada

Pembelajaran Matematika di

Kurikulum Merdeka. Lebesgue:

Jurnal Ilmiah Pendidikan

Matematika, Matematika dan

Statistika, 3(3), 636–646.

https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Harun, L. (2015). Eksperimentasi

Pembelajaran Matematika

Humanistik Berbasis Konstruktivistik

Menggunakan ICT Ditinjau dari

Kemampuan Awal Siswa. Prosiding

Seminar Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika UMS, 179–

Harun, L. (2022). Pengaruh Pembelajaran

Berbasis Masalah-

Ethnomathematics Terhadap

Kemampuan Penalaran Dan

Komunikasi Matematis Serta

Kemandirian Belajar Siswa.:

Penelitian Kuasi-Eksperimen Pada

Siswa Sekolah Menengah Pertama

[Doctoral Dissertation]. Universitas

Pendidikan Indonesia.

Indriati, W. (2022). Efforts to Increase

Activation and Students’ Learning at

Statistics Study Use the Model Based

Learning Problem with Microsoft

Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah

Guru, 7(2), 157–163.

https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i

321

Karimah, N., Rasimin, & Andiyaksa, R.

(2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan

Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota

Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai,

(2).

https://doi.org/doi.org/10.31004/jpt

am.v6i2.4514

Lei, H., Cui, Y., & Zhou, W. (2018).

Relationships Between Student

Engagement and Academic

Achievement: A Meta-analysis. Social

Behavior and Personality: an

international journal, 46(3), 517–

https://doi.org/10.2224/sbp.7054

Masitoh, S. I., Maharani, A., & Lubis, Y.

(2021). Peningkatan Hasil Belajar

Peserta Didik Pada Mata Pelajaran

Turunan Fungsi Melalui Model

Pembelajaran Flipped Classroom.

FIBONACCI: Jurnal Pendidikan

Matematika dan Matematika, 7(1),

https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.29-

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A.

(2020). Classroom Action Research-

based Instruction: The Sustainable

Teacher Professional Development

Strategy. Journal of Teacher

Education for Sustainability, 22(1),

–110. https://doi.org/10.2478/jtes-

-0008

Nugraha, A. A., Purwati, H., Ariyanto, L., &

Sumarti. (2023). Problem-based

Learning Integrated with Flipped

Classrooms Assisted by Google Sites

to Improve Student Mathematics

Learning Achievement. Jurnal Pijar

Mipa, 18(5), 670–675.

https://doi.org/10.29303/jpm.v18i5.

Nugraha, A. A., Rizal, N., & Cahyono, A. N.

(2023). Mathematical Modelling

Ability in Outdoor Learning with

Mobile Math Trails. International

Journal on Emerging Mathematics

Education (IJEME), 7(1), 1–11.

https://doi.org/10.12928/ijeme.v7i1.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019).

Melakukan Penelitian Tindakan

Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu

Keislaman, 9(1), 49–60.

https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/ag

ama_islam/index

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y.

(2019). Hubungan Antara Gaya

Belajar dan Keaktifan Belajar

Matematika Terhadap Hasil Belajar

Siswa. EDUMATIKA: Jurnal Riset

Pendidikan Matematika, 2(2), 83–

https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode

Problem Based Learning Dalam

Meningkatkan Keaktifan Belajar

Siswa Pada Kelas XI IPS 1. Cetta:

Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–

http://jayapanguspress.penerbit.org/

index.php/cetta

Rohman, N., Fitri, N. H., Harun, L., &

Muhtarom. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Berbasis Masalah yang

Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya

Belajar Kolb dalam Meningkatkan

Hasil dan Aktivitas Belajar Materi

Peluang Kelas X SMA Negeri 6

Semarang. Seminar Nasional PPG

UPGRIS, 707–716.

Salleh, N. M., & Aiman, M. S. (2015).

Improving the Quality of Pupils’

Response in Science Inquiry

Teaching: a Participatory Action

Research. Procedia - Social and

Behavioral Sciences, 191, 1310–1316.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201

04.482

Sarie, F. N. (2022). Implementasi

Pembelajaran Berdiferensiasi dengan

Model Problem Based Learning pada

Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Jurnal

Tunas Nusantara, 4(2), 492–498.

Tomlinson, C. A. (2001). How to

Differentiate Instruction in Mixed-

ability Classrooms (2 ed.).

Association for Supervision and

Curriculum Development (ASCD).

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated

Classroom : Responding to The Needs

of All Learners (2 ed.). Association for

Supervision and Curriculum

Development (ASCD).

www.ascd.org/deskcopy.

Wahab A., A., Suhartini, & Buhaerah.

(2022). Penerapan Model Kooperatif

Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan

Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika Al

Qalasadi, 6(1), 9–15.

https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6

i1.3718

Wawan, & Retnawati, H. (2022). Empirical

Study of Factors Affecting the

Students’ Mathematics Learning

Achievement. International Journal

of Instruction, 15(2), 417–434.

https://doi.org/10.29333/iji.2022.15

a

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review:

Pendekatan Berdiferensiasi Solusi

Pembelajaran dalam Keberagaman.

Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–

https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nugraha, A. A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Model Problem-based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1246–1256. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5257

Issue

Section

Prosiding 2023