PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PJBL BERBANTU MEDIA POP UP BOOK KELAS IV SD
Keywords:
Keaktifan Belajar, model Project Based Learning, Pop Up BookAbstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV B SDN Sendangmulyo
02. Tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model Project Based
Learning berbantu media Pop Up Book kelas IV B SDN Sendangmulyo 02. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas yang di lakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV B SDN
Sendangmulyo 02 yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model Project Based Learning. Metode penelitian ini
adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi.
Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 51.5% kategori baik. Persentase keaktifan
belajar siswa pada siklus II mencapai 72,5% kategori baik. Persentase keaktifan belajar pada siklus III
mencapai 85,5 % kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Project Based
Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
References
Angga & Iskandar, S.(2022).
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah
Dasar. Jurnal Besicedu, 6(3), 5296-5301
Layyina et al. (2023). Peningkatan
Hasil Belajar Melalui Model Project Based
Learning Berbantuan Media Wordwall
pada Siswa Kelas V SDN Peterongan.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1),
-3378.
Lulie Anies Solichah, “Pengaruh
Media Pop Up Book”, Jurnal PGSD FIP
Universitas Negri Surabaya, 2018, vol. 6,
no. 9, p. 1538
Martinis, Y., 2013. Strategi dan
Metode dalam Model Pembelajaran.
Jakarta:Referensi (GP Press Group).
Prosiding Seminar Nasional
Etnomatnesia, 6(3), 721–724.
Http;//Ahdadgadgha
Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A.
(2017). Hubungan Antara Minat Belajar
Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, Dan
Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar
Matematika Siswa.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model
Pembelajaran INOVATIF dalam
Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ
MEDIA
Sinar. (2018). Metode Active
Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan
Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish
Publisher.
Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar.
Bandung:Rosdikarya.
Suprijono, A. (2010). Cooperative
Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model
Pembelajaran Mastery Learning Upaya
Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar
Siswa. Deepublish Publisher.