PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PJBL BERBANTU MEDIA POP UP BOOK KELAS IV SD

Authors

  • Andriastuti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keaktifan Belajar, model Project Based Learning, Pop Up Book

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV B SDN Sendangmulyo
02. Tujuan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model Project Based
Learning berbantu media Pop Up Book kelas IV B SDN Sendangmulyo 02. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas yang di lakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini
menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV B SDN
Sendangmulyo 02 yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model Project Based Learning. Metode penelitian ini
adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi.
Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 51.5% kategori baik. Persentase keaktifan
belajar siswa pada siklus II mencapai 72,5% kategori baik. Persentase keaktifan belajar pada siklus III
mencapai 85,5 % kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Project Based
Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

References

Angga & Iskandar, S.(2022).

Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam

Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah

Dasar. Jurnal Besicedu, 6(3), 5296-5301

Layyina et al. (2023). Peningkatan

Hasil Belajar Melalui Model Project Based

Learning Berbantuan Media Wordwall

pada Siswa Kelas V SDN Peterongan.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1),

-3378.

Lulie Anies Solichah, “Pengaruh

Media Pop Up Book”, Jurnal PGSD FIP

Universitas Negri Surabaya, 2018, vol. 6,

no. 9, p. 1538

Martinis, Y., 2013. Strategi dan

Metode dalam Model Pembelajaran.

Jakarta:Referensi (GP Press Group).

Prosiding Seminar Nasional

Etnomatnesia, 6(3), 721–724.

Http;//Ahdadgadgha

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A.

(2017). Hubungan Antara Minat Belajar

Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, Dan

Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Matematika Siswa.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model

Pembelajaran INOVATIF dalam

Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ

MEDIA

Sinar. (2018). Metode Active

Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan

Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish

Publisher.

Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar.

Bandung:Rosdikarya.

Suprijono, A. (2010). Cooperative

Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model

Pembelajaran Mastery Learning Upaya

Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar

Siswa. Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Andriastuti. (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PJBL BERBANTU MEDIA POP UP BOOK KELAS IV SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1646–1652. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5300

Issue

Section

Prosiding 2023