Increasing Vocabulary Mastery Using Word Scrabble Game for Grade X-5 Students at SMAN 2 Semarang

Authors

  • Luthfiya Salsabila Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Menulis, Teks Deskriptif, Word Scrabble

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X-5 di SMA Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dalam menulis teks deskriptif melalui penerapan permainan word scrabble. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus pembelajaran yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes dan observasi. Analisis data melibatkan perhitungan nilai tes per siklus, rata-rata hasil belajar siswa per siklus, dan tingkat ketuntasan belajar dengan standar individu yang ditetapkan pada skor 75. Hasil tes menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada Siklus I, rata-rata nilai adalah 78.62, yang meningkat menjadi 87.67 pada Siklus II, mengindikasikan kenaikan sebesar 8.8% poin. Hal ini menandakan bahwa penggunaan permainan word scrabble dalam pembelajaran menulis berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa. Terdapat peningkatan yang sama pada setiap sub-indikator tes tulis antara siklus I dan siklus II.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Salsabila, L. . (2023). Increasing Vocabulary Mastery Using Word Scrabble Game for Grade X-5 Students at SMAN 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 318–324. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4812

Issue

Section

Prosiding 2023