Improving English Learning Outcomes through UNO in Comparison Degree Learning
Keywords:
Hasil Belajar, , UNO, Comparison DegreeAbstract
Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk mengamati penggunaan media UNO dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Comparison Degree dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Kurangnya minat belajar Bahasa Inggris dan sebagian peserta didik baru pertama kali mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Hal itu yang menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu peneliti menggunakan media UNO agar peserta didik aktif dan antusias belajar Bahasa Inggris khususnya pada materi Comparison Degree. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C yang berjumlah 33 siswa di SMP Negeri 21 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa pada pra-siklus (39%) sampai hasil belajar pada siklus II (88%). Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan media UNO dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Comparison Degree.
References
Angraeni, D. (2014). Teaching Comparison Degree Through Picture Media At the Second Year of Junior High School English Study Program of Tarbiyah Department of the State College for Islamic Studies ( Stain ) Palopo 2014 Teaching Comparison Degree Through Picture Media At the S. 10.
Arifudin, O. (2020) Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, dan Penilai. Penelitian Tindakan Kelas., 13. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/
Aunurrahman (penulis). (2019). Belajar dan pembelajaran / Prof.Dr. Aunurrahman. Bandung ;; © 2019: Alfabeta,.Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, edisi revisi Jakarta. 2000 Persada, edisi revisi Jakarta. 2000
Chotib, S. H., 2018. Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal PGMI, 1(2), pp. 109-115
FX Sudarsono, Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional, 2001
Gerlach dan Ely. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S.
Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN COMMUNITY 2015. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wpcontent/uploads/2016/05/PENTINGYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf
Hake, R.R. (2007). Design-Based Research in Physics Education Research: A Review. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBRPhysics3.pdf. [17Desember 2013].
Heinich, R. et al. (2002). Instructional media and technology for learning, 7th
edition.New.Jersey:Prentice.Hall,Inc.diakses.dengan. http://books.google.co.id
Hidayati, N., & Hakim, L. (2014). Pengembangan Permainan Kartu UNO sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Hutang Jangka Panjang. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–11. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Hamidulloh Ibda (penulis); Husna Nashihin. (2017). Media pembelajaran berbasis wayang : (konsep dan aplikasi) / Hamidulloh Ibda, M.Pd. ; editor, Husna Nashihin, M.Pd.I.. Semarang :: CV. Pilar Nusantara,.
Hujair AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka KTSP SD/MI 2011
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Musyadad, V. F. (2019) „Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan‟, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 1–13
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S. (2021). Pnelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.
Nurdyansyah (2018) ‘Media Pembelajaran Inovatif’, in Media Pembelajaran Inovatif, p. 218.
Nurhayati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 1–11.
Pritchard, Allan., (2009), Ways of Learning; Learning Theories and Learning Style in the Classroom, USA dan Canada: Routledge
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Valentino, A., Buwono, S., & Aminuyati. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi jurusan akuntansi di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9),1–10. jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3241