Improving English Learning Outcomes through UNO in Comparison Degree Learning

Authors

  • Wildan Munirul Faqih Universitas PGRI Semarang
  • Festi Himatu Karima Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, , UNO, Comparison Degree

Abstract

Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk mengamati penggunaan media UNO dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Comparison Degree dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Kurangnya minat belajar Bahasa Inggris dan sebagian peserta didik baru pertama kali mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Hal itu yang menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu peneliti menggunakan media UNO agar peserta didik aktif dan antusias belajar Bahasa Inggris khususnya pada materi Comparison Degree. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C yang berjumlah 33 siswa di SMP Negeri 21 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa pada pra-siklus (39%) sampai hasil belajar pada siklus II (88%). Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan media UNO dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Comparison Degree.

References

Angraeni, D. (2014). Teaching Comparison Degree Through Picture Media At the Second Year of Junior High School English Study Program of Tarbiyah Department of the State College for Islamic Studies ( Stain ) Palopo 2014 Teaching Comparison Degree Through Picture Media At the S. 10.

Arifudin, O. (2020) Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, dan Penilai. Penelitian Tindakan Kelas., 13. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/

Aunurrahman (penulis). (2019). Belajar dan pembelajaran / Prof.Dr. Aunurrahman. Bandung ;; © 2019: Alfabeta,.Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, edisi revisi Jakarta. 2000 Persada, edisi revisi Jakarta. 2000

Chotib, S. H., 2018. Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal PGMI, 1(2), pp. 109-115

FX Sudarsono, Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional, 2001

Gerlach dan Ely. (1971). Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S.

Handayani, S. (2016). Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN COMMUNITY 2015. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wpcontent/uploads/2016/05/PENTINGYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf

Hake, R.R. (2007). Design-Based Research in Physics Education Research: A Review. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBRPhysics3.pdf. [17Desember 2013].

Heinich, R. et al. (2002). Instructional media and technology for learning, 7th

edition.New.Jersey:Prentice.Hall,Inc.diakses.dengan. http://books.google.co.id

Hidayati, N., & Hakim, L. (2014). Pengembangan Permainan Kartu UNO sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Hutang Jangka Panjang. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(2), 1–11. jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Hamidulloh Ibda (penulis); Husna Nashihin. (2017). Media pembelajaran berbasis wayang : (konsep dan aplikasi) / Hamidulloh Ibda, M.Pd. ; editor, Husna Nashihin, M.Pd.I.. Semarang :: CV. Pilar Nusantara,.

Hujair AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

I.G.A.K. Wardani. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka KTSP SD/MI 2011

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Musyadad, V. F. (2019) „Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan‟, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 1–13

Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S. (2021). Pnelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.

Nurdyansyah (2018) ‘Media Pembelajaran Inovatif’, in Media Pembelajaran Inovatif, p. 218.

Nurhayati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bimbingan Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Inpres 1 Bainaa. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 1–11.

Pritchard, Allan., (2009), Ways of Learning; Learning Theories and Learning Style in the Classroom, USA dan Canada: Routledge

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Valentino, A., Buwono, S., & Aminuyati. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi jurusan akuntansi di SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9),1–10. jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3241

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Faqih, W. M. ., & Karima, F. H. . (2023). Improving English Learning Outcomes through UNO in Comparison Degree Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 408–412. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5133

Issue

Section

Prosiding 2023