16. Penerapan Media Papan Tempel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Karangsari 1 Demak

Authors

  • Khusnul Khotimah Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Juanah SDN Karangsari 1

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Media Papan Tempel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Karangsari 1 Demak melalui media papan tempel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media berupa papan tempel dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Karangsari 1 Demak. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal. Pada pra tindakan persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 36%. Pada siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 55% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 19% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 91% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 36% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas IV SD Negeri Karangsari 1 Demak secara klasikal adalah 80%.

Author Biography

Khusnul Khotimah, Universitas PGRI Semarang

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Karangsari 1 Demak melalui media papan tempel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media berupa papan tempel dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Karangsari 1 Demak. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal. Pada pra tindakan persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 36%. Pada siklus I persentase KKM siswa secara klasikal sebanyak 55% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 19% dari pra tindakan. Sedangkan pada siklus II persentase KKM siswa secara klasikal yaitu 91% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 36% dari siklus I dimana persentase tersebut telah mencapai target yang diinginkan yaitu minimal KKM siswa kelas IV SD Negeri Karangsari 1 Demak secara klasikal adalah 80%.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Khotimah, K., Rasiman, & Juanah. (2023). 16. Penerapan Media Papan Tempel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Karangsari 1 Demak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 127–136. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3923

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)