PENERAPAN MEDIA PAPAN TANGGA KEKUATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI DI SDN KALICARI 01 KOTA SEMARANG
Keywords:
hasil belajar, matematika, media pembelajaran PTK (Papan Tangga Kekuatan).Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi, rendahnya hasil belajar matematika. Bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana media pembelajaran PTK (Papan Tangga Kekuatan) digunakan dalam pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian tindakan kelas dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VI, dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian Mahasiswa PPG Prajabatan sebagai subjek pemberi tindakan, Peserta Didik kelas VI yang berjumlah 28 orang sebagai subyek penerima tindakan.
Teknik pengumpulan data, observasi, tes evaluasi dan dokumentasi. Data ringkasan yang diperoleh dari pengolahan data itu dapat berupa jumlah (total), rata – rata (mean), persentase (Percentage). Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika kelas VI. Sebelum diberikan tindakan menggunakan media Papan Tangga Kekuatan diperoleh nilai rata-rata kelas 61,78 dengan nilai persentase ketuntasan klasikal sebesar 42,86% atau sebanyak 12 orang peserta didik yang tuntas KKM sedangkan 16 orang peserta didik lainnya belum/ tidak tuntas. Dan Hasil belajar peserta didik setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media Papan Tangga Kekuatan semakin meningkat dari sebelum tindakan. Pada tindakan I diperoleh nilai rata -rata kelas 69,64 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 53,58% atau sebanyak 15 orang peserta didik yang sudah tuntas belajar.Pada tindakan II diperoleh nilai rata – rata kelas 77,85 dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 71,42% atau sebanyak 20 orang peserta didik yang sudah tuntas belajar. Hal tersebut menunjukkan keefektifan media pembelajaran PTK (Papan Tangga Kekuatan) dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VI dengan materi operasi hitung campuran.
References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Efinda Sari, Joko Sulianto, Murniati. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Tema 1 Kelas III SDN Getas 3 Demak. Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2, ISSN : 2580-6513
Jalil, Muhammad. 2016. Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan
Putra, Zetra Hainul, dkk. 2019. Development of Powerpoint-Based Learning Media in Integrated Thematic Instruction of Elementary School. Journal of Scientific & Technology Research, 8 (10)
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedi Group.