Classroom Action Research Improving Students’ Learning Activities And Outcomes in English Class Using Think Pair Share

Authors

  • Ganing Tiyas Asri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Aktivitas pembelajaran, hasil pembelajaran, Think Pair Share

Abstract

Untuk menguasai Bahasa Inggris, ada 4 aspek kemampuan yang harus dipertimbangkan untuk diperlajari. 4 kemampuan tersebut merupakan kemampuan menulis, membaca, mendengarkan dan berkomunikasi. Keempat kemampuan tersebut harus terintegrasi dengan baik saat mempelajari Bahasa Inggris. Penguasaan keempat kemampuan dalam mempelajari Bahasa Inggris akan membantu para siswa dalam menguasi penguasaan Bahasa tingkat dasar. Dengan adanya empat kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik, pemilihan strategi pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan dalam menggapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sebelum melaksanakan sebuah proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti memilih 36 siswa dari X-6 yang ada di SMA N 5 Semarang. Hasil yang ditemukan dari penelitian yang telah dilakukan ini, peneliti menemukan peningkatan pada aktifitas pembelajaran dan hasil pembelajaran pada peserta didik. Pada siklus I, para peserta didik memiliki kemajuan pada aktivitas pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua sebesar 15%. Untuk peningkatan hasil belajar eserta didik, peningkatan terjadi dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 6%. Pada siklus II, aktivitas pembelajaran peserta didik pada pertemuan kedua dan ketiga memiliki peningkatan sebesar 12%. Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik, peningkatan tersebut terjadi sebesar 9%.

References

Anas Sudijono. (1996). Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. RajaGrafindo Persada (pp. 1–504). PT RajaGrafindo Persada. Retrieved from https://www.rajagrafindo.co.id/produk/pengantar-evaluasi-pendidikan/

Dart, B. C., Burnett, P. C., Purdie, N., Boulton-Lewis, G., Campbell, J., & Smith, D. (2000). Students’ conceptions of learning, the classroom environment, and approaches to learning. Journal of Educational Research, 93(4), 262–270. https://doi.org/10.1080/00220670009598715

European Commission. (2008). The European Qualifications Framework for Lifelong Learning (EQF). … : Office for Official Publications of the European …, 1–4. Retrieved from http://www.ond.vlaanderen.be/hogeronderwijs/bologna/news/EQF_EN.pdf

Harden, R. M. (2002). Learning outcomes and instructional objectives: Is there a difference? Medical Teacher, 24(2), 151–155. https://doi.org/10.1080/0142159022020687

The learning outcomes in the study program format of school subjects belonging to the General Training Area at UJAT: A syntactic and semantic analysis

Mahajan, M., & Singh, M. K. S. (2017). Importance and Benefits of Learning Outcomes. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(03), 65–67. https://doi.org/10.9790/0837-2203056567

Melton, R. (2014). Objectives, competences and learning outcomes: Developing instructional materials in open and distance learning. Objectives, Competencies and Learning Outcomes: Developing Instructional Materials in Open and Distance Learning (pp. 1–148). Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781315041926

Lestari, W., & Widayati, A. (2022). Implementation of Teams Games Tournament to Improve Student’s Learning Activity and Learning Outcome: Classroom Action Research. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5587–5598. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1329

Nan, C. (2018). Implications of Interrelationship among Four Language Skills for High School English Teaching. Journal of Language Teaching and Research, 9(2), 418. https://doi.org/10.17507/jltr.0902.26

Rathakrishan, et al. (2009). The Effectiveness of Using Think Pair Share Strategy in Developing Students’ Critical Thinking Skills. Research Gate

Siti Khasinah. (2021). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, 1, 107–114. Retrieved from http://www.banber.eiu.am/index.php/banber/article/view/158%0Ahttp://www.banber.eiu.am/index.php/banber/article/download/158/166

Sriklaub, K., & Wongwanich, S. (2014). Learning Activities Aimed at Promoting Students’ Interest: Synthesis of Master Teachers’ Activity Organizing Methods via TV Media. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3375–3380. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.767

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan / Nana Syaodih Sukmadinata Pengarang. Remaja Rosadakarya. Remaja Rosadakarya.

Syah, M. N. S. (2016). Classroom Action Research As Professional Development of Teachers in Indonesia. Jurnal Tarbawi, 13(1), 1–16. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/526

Widyaningrum, N. H. (2016). Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Metode Proyek. Pendidikan Anak Usia Dini, 9, 940–951.

Suryanita, N. M. A. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181.

Tanzimah. (2020). Keterkaitan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, (20), 762–772.

Trianto. (2013). MODEL PEMBELAJARAN TERPADU : KONSEP STRATEGI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP). Jurnal Pendidikan

Wandberg, R., & Rohwer, J. (2009). Active Teaching Strategies and Learning Activities. Teaching Health Education in Language Diverse Classrooms, 162–186.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Asri, G. T. . (2023). Classroom Action Research Improving Students’ Learning Activities And Outcomes in English Class Using Think Pair Share. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 516–525. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5147

Issue

Section

Prosiding 2023