330. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Kelas 3 SD Negeri Tambirejo

Authors

  • Tri Widyardi
  • Mei Fita Asri Untari
  • Fitrianingsih

Keywords:

Think Pair Share, Hasil Belajar PKn

Abstract

 

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas 3 sehingga peneliti bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran PKn memalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada peserta didik kelas 3 di SD Negeri Tambirejo. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian tindakan kelas berjumlah 32 peserta didik yang terdidi dari 17 laki-laki dan 15 perempuan. Adapun pemecahan masalah dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil belajar pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan di setiap siklusnya, mulai dari  prasiklus yaitu 53,12% dengan kualifikasi cukup. Siklus I mendapatkan presentase 78,62% dengan kriteria baik dan pada siklus II mendapatkan presentase sebesar 87,50% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes belajar (post test) yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Widyardi, T. ., Untari, M. F. A. ., & Fitrianingsih. (2023). 330. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Kelas 3 SD Negeri Tambirejo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2946–2952. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4238

Issue

Section

Prosiding 2023