124. The Application of Differentiated Instruction (Learning Style) to Increase Students’ Learning Outcomes at SMKN 6 Semarang

Authors

  • Rahayu Apriati Universitas PGRI Semarang
  • Th. Cicik Shopia Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Niken Sitoresmi SMKN 6 Semarang

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Kurikulum, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi dan meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada teks recount pada peserta didik kelas sepuluh di SMKN 6 Semarang. Studi penelitian ini penelitian tindakan kelas  melibatkan tiga perbedaan gaya belajar: auditori, kinestetik, dan visual. Dalam penelitian ini, penulis membagi dalam dua siklus. Subyek dari penelitian ini adalah kelas X Kuliner-1 di SMKN 6 Semarang yang terdiri dari 36 peserta didik. Pada aktivitas sebelum tindakan, aktivitas guru mempunyai persentase 62.5%, aktivitas peserta didik mencapai 65.6%. Pada siklus I, aktivitas guru mempunyai persentase 68.75% dan menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik mencapai 70.3%. Pada siklus II, aktivitas guru mempunyai persentase 80% dan aktivitas peserta didik 79.6%. Hasil dari siklus ini, aktivitas peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 9.3% dan aktivitas guru yaitu 11.25%. Hasil lain yaitu peningkatan hasil belajar juga terjadi dalam penelitian pembelajaran berdiferensiasi. Pada aktivitas sebelum tindakan, nilai rata-rata klasikal 63.4 dan pada siklus I, nilai rata-rata klasikal 71.6 serta peserta didik tuntas 41.6% dari KKM. Ini berarti belum semua peserta didik mencapai yaitu 75, ada 15 peserta didik yang tuntas dan 21 peserta didik tidak tuntas. Pada Siklus II, hasil belajar peserta didik juga meningkat. Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata klasikal 81.8 dan persentase kesuksesan 94.4%. Ini berarti KKM tercapai, peserta didik telah tuntas 34 dan dua peserta didik tidak tuntas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru sudah berhasil menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dalam mengajar teks recount.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Apriati, R., Budiman, T. C. S., & Sitoresmi, N. (2023). 124. The Application of Differentiated Instruction (Learning Style) to Increase Students’ Learning Outcomes at SMKN 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1132–1142. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4061

Issue

Section

Prosiding 2023