The Application 0f Clustering Technique to Improve Students' Writing Ability of Recount Text of Class VIII E SMP Negeri 36 Semarang Academic Year 2023/2024
Keywords:
menulis, teknik clustering, teks recountAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengamati penerapan teknik clustering dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas VIII E SMP N 36 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di siklus pertama 56.67% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 74,67. Pada siklus kedua lebih dari 75% siswa, yaitu 86,67% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 79,50. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis teks recount siswa.
References
Ahmadian, M., & Tajabadi, A. (2017). Patterns of Interaction in Young EFL Learners’ Pair Work: The Relationship between Pair Dynamics and Vocabulary Acquisition. 3L: Southeast Asian Journal of English Language Studies, 23(1).
Azizah Ismi, I. A. (2021). Clustering Technique to Generate Students' Ideas in Writing Recount Text (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).
Farhana. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Recount Pada Siswa Dengan Menggunakan Teknik Pemetaan Semantik. Jurnal Instruksional, 1(1), 66–75.
Febriani, A. (2014). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd Negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. FKIP, Universitas Lampung.
Fitriani, N. (2018). Using Clustering Technique in Teaching Writing Recount Text at Tenth Grade Students in Sman 1 Gresik. Submitted in partial fulfillment of the requirement for the degree of Sarjana Pendidikan (S. Pd) in Teaching English.
Hijriyanti, R. (2020). Implementation Of Brainstorming Technique To Improve Students’ Writing In Recount Text (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Kumala, B. P., Musarokah, S., & Riyani, A. (2023, July). 113. The Implementation of Think Talk Write to Improve the Ability of Students’ Writing of Seventh Grade Students of Junior High School. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 1032-1041).
Lubis, R. F., Fitri, M. A., Siregar, R., Hum, M., & Riska, Y. (2017). Improving Students’ Writing Ability In Report Text Through Clustering Technique At Grade Xi Sman 1 Siabu (Issue 1).
Made Ayu Widiastuti, N., & Santi Indriani, K. (2023). Assessment Rubric Design For Students’ English Problem-Solution Short Essay Writing. Era Lingua Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 7(2). Https://Writing9.Com/Text/5d2175ffa0d8370017b5e059.
Nur, R. (2022). Implementing Clustering Technique To Foster Students Descriptive Writing Skill At Smp Negeri 17 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Perwitasari, N. (2014). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Family Melalui lagu Pada Siswa Kelas V Sd N Piyaman Ii, Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.
Susanti, A., Widiati, U., & Cahyono, B. Y. (2020). The Effect Of Proficiency Pairings On Efl Students’ Writing Ability In Genre-Based Approach Context. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 9(1), 245–251. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V9i1.20439.
Utami, H., Raja, P., & Nainggolan, F. (2017). The Effectiveness of Teaching Writing Recount Text through Clustering Technique. Digital Repository Unila, 5.