122. Improving Writing Skills of Descriptive Text Using Roundtable Technique at SMKN 6 Semarang
Keywords:
menulis, deskripsi, roundtableAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas XI Busana 1 SMK Negeri 6 Semarang yang tergolong rendah dan sebagian peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu sebesar 70%. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan teknik roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskipsi pada peserta didik kelas XI Busana 1 SMK Negeri 6 Semarang?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dengan teknik roundtable pada peserta didik kelas XI Busana 1 SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan, melalui tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XI Busana 1 SMK Negeri 6 Semarang sejumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 35 peserta didik perempuan dan 1 peserta didik laki-laki. Dari hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus menunjukkan kemampuan menulis peserta didik mengalami peningkatan melalui teknik roundtable. Hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh penguasan peserta didik pada materi teks deskripsi sebesar 50% atau hanya 18 peserta didik yang mencapai KKM. Dari hasil evaluasi tindakan siklus 2 diperoleh penguasaan peserta didik pada materi teks deskripsi sebesar 91,6%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik roundtable dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas XI Busana 1 SMK Negeri 6 Semarang.