116. The Improvement of the Skills of Writing Recount Text Through the Two Stay Two Stray (TSTS) Learning Model by Utilizing Blog

Authors

  • Firlanda Dayu Pramesti Universitas PGRI Semarang
  • Senowarsito Universitas PGRI Semarang
  • Yuniati Akbariah SMK N 4 Semarang

Keywords:

Two Stay Two Stray (TSTS), blog, keterampilan menulis, recount text

Abstract

ABSTRAK

Banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam berbahasa Inggris terutama dalam penguasaan keterampilan menulis. Melihat masalah tersebut, guru terdorong untuk menjalankan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan keterampilan menulis recount text dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan memanfaatkan blog. Penelitian ini dilakukan di kelas X DPIB 3 SMK N 4 Semarang dengan jumlah 35 peserta didik. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen tes dan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mampu menulis recount text serta mampu menguasai pengetahuan terkait recount text. Hal tersebtut dibuktikan dari 35 peserta didik, diperoleh ketuntasan pada penugasan hasil menulis secara klasikal yaitu 28,6% pada siklus 1 dan mengalami peningkatan menjadi 77,1% pada siklus 2. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media blog mampu meningkatkan keterampilan menulis recount text pada peserta didik kelas X DPIB 3 SMK N 4 Semarang semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pramesti, F. D., Senowarsito, & Akbariah, Y. (2023). 116. The Improvement of the Skills of Writing Recount Text Through the Two Stay Two Stray (TSTS) Learning Model by Utilizing Blog. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1063–1070. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4053

Issue

Section

Prosiding 2023