64. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture And Picture Kelas II SDN Ngempon 02

Authors

  • Tantri Febriana Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Danik Sri Wahyuni SD Negeri Ngempon 02

Keywords:

Keterampilan menulis deskripsi, picture and picture

Abstract

Penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada peserta didik kelas 2. Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu cara dalam pengembangan bahasa Indonesia, terutama dalam kegiatan keterampilan di sekolah dasar. Salah satu bentuk literasi di SD adalah kegiatan menulis. Menulis adalah usaha untuk menghasilkan sebuah tulisan. Tahapan dalam menulis deskripsi meliputi tahap persiapan, pengembangan isi tulisan, dan tahap pasca penulisan. Penelitian pada 21 peserta didik kelas II SD Negeri Ngempon 02 menunjukkan bahwa 85,7 % peserta didik berhasil menulis dengan baik dan 14,3 % peserta didik masih perlu peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama siklus II, peserta didik telah mencapai kemampuan menulis secara klasikal. Dengan menggunakan model Picture and Picture, keterampilan menulis deskripsi peserta didik di kelas II SD Negeri Ngempon 02 dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendidikan bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan menulis peserta didik di sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Febriana, T., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023). 64. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Picture And Picture Kelas II SDN Ngempon 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 578–583. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3977

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)