121. Improving Student’s Ability in Writing Descriptive Text through Picture Series

Authors

  • Muhammad Sahalluddin Universitas PGRI Semarang
  • Yuniati Akbariah SMK N 4 Semarang

Keywords:

Keterampilan menulis, descriptive text, picture series

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan menulis descriptive text peserta didik kelas X Teknik Otomotif 3 di SMK Negeri 4 Semarang dengan menggunakan media picture series. Penelitian ini selain digunakan untuk melihat peningkatan nilai pengetahuan juga digunakan untuk melihat peningkatan nilai keterampilan serta sikap belajar peserta didik selama porses pembelajaran dikelas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Alat pengumpulan data yaitu berupa data kuantitatif yaitu tes tertulis pada setiap siklusnya. Data kualitatif yang digunakan berupa lembar observasi atau pengamatan, lembar refleksi diri, penilaian antar teman dan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media picture series dapat meningkatkan keterampilan menulis descriptive text bagi peserta didik. Peningkatan keterampilan peserta didik dari hasil nilai rata-rata mencapai 77% dari pra siklus dan mengalami peningkatan sebesar 72% pada siklus II dari rata-rata hasil belajar pada siklus I. ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 6% pada pra siklus menjadi 29% pada siklus I dan meningkat drastis pada siklus II yaitu mencapai 83% peserta didik yang tuntas.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sahalluddin, M., & Akbariah, Y. (2023). 121. Improving Student’s Ability in Writing Descriptive Text through Picture Series. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1105–1112. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4058

Issue

Section

Prosiding 2023