65. Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDN Ngempon 02
Keywords:
team games tournament, aktivitas belajar, hasil belajarAbstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 4. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dam hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 1 pra siklus dan 2 siklus sejumlah 6 pertemuan. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas 4 SDN Ngempon 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Team Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan rata-rata kelas aktivitas peserta didik yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas belajar yaitu pada pra siklus 63,35%, siklus I 78,75%, dan siklus II 85,94%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal dengan pra siklus 35%, siklus I 70%, dan siklus II 95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh aktivitas peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik.