65. Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDN Ngempon 02

Authors

  • Lisabela Mega Cahyaning Pertiwi Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Danik Sri Wahyuni SDN Ngempon 02

Keywords:

team games tournament, aktivitas belajar, hasil belajar

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 4. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dam hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 1 pra siklus dan 2 siklus sejumlah 6 pertemuan. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas 4 SDN Ngempon 02. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Team Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan rata-rata kelas aktivitas peserta didik yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas belajar yaitu pada pra siklus 63,35%, siklus I 78,75%, dan siklus II 85,94%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal dengan pra siklus 35%, siklus I 70%, dan siklus II 95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh aktivitas peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pertiwi, L. M. C., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023). 65. Penerapan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 SDN Ngempon 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 584–592. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3978

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)