326. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Games Wordwall Interaktif Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gaji 1
Keywords:
Hasil Belajar, Games Wordwall Interaktif, Bahasa IndonesiaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik, sekitar 52,3%.peserta didik masih memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KK.M).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan wordwall dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN gaji 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan subjek 23 siswa kelas IV, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-N gain. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dan rancangan penelitian ini mengacu pada Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu Perencanaan,Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan lembar observasi guru, lembar observasi guru, lembar kegiatan peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I adalah pada aspek aktivitas belajar adalah 70,36 %, Aspek afektif 78,99 %, Aspek Psikomotorik, 74,25%, dan Aspek Kognitif 73,91 % setelah pembelajaran menggunakan games worwall interaktif. Peningkatan terjadi pada nilai rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah yang sangat signifikan. . Pada siklus II mendapat nilai pada aspek aktivitas belajar adalah 81,42 %, Aspek afektif 88,41 %, Aspek Psikomotorik, 85,40%, dan Aspek Kognitif 86,96 % dan pada siklus ketiga pada aspek aktivitas belajar adalah 81,42 %, Aspek afektif 88,41 %, Aspek Psikomotorik, 92,93%, dan Aspek Kognitif 91,30% Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan games wordwall interaktif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi dongeng Pada siswa Kelas IV SDN Gaji 1