Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Setting Teams Games Tournament

Authors

  • Azizah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Team Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar matematika peserta didik, melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan
metode Team Games Tournament . Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam lesson
study yang terdapat 2 siklus. Setiap siklus meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) refleksi dan
tindak lanjut. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII I pada salah satu SMP Negeri di
kota Seamarang. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan dokumentasi dan tes berupa
asemen formatif pada pembelajaran dengan melihat kenaikan hasil belajar asesmen formatif peserta
didik dari tiga siklus dengan batasan 75% mencapai nilai KKM yakni 74. Perolehan hasil belajar peserta
didik yang semula ketuntasannya 25% menjadi 75% dari 75% menjadi 94%. Berdasarkan penacapaian
hasil belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan setting
Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII I salah
satu SMP Negeri di Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024.

References

Adla, S. R., & Maulia, S. T. (2023). Transisi

Kurikulum K13 Dengan Kurikulum

Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu

Pendidikan. 1(2): 262-270.

(Placeholder2).

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestari, R.,

Zamroni. 2018. Buku Pegagan

Pembelajaran Berorientasi pada

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan

Tenaga Kependidikan Kementerian

dan Kebudayaan.

Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., &

Sartika, M. 2023. Analisis Faktor yang

Mempengaruhi Rendahnya Hasil

Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam

Penyelesaian Soal Cerita Matematika.

Educativo: Jurnal Pendidikan. 2(1):

-228.

Arsyad, R. B., Badu, S. Q., Abas, N.,

Hulukati, E. 2022. Buu Ajar

Pengembangan Media Pembelajaran

Matematika Story Board untuk

Pembuatan Multimedia Interaktif.

Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Fitrianawati, M., Hartono, H. 2016.

Perbandingan Keefektifan PBL

Berseting TGT dan GI Ditinjau dari

Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir

Kreatif dan Toleransi. Jurnal Riset

Pendidikan Matematika. 3(1) : 55-65.

Hasanah, R., Anam, F., Suharti, S. 2023.

Penerapan Model Pembelajara Problem

Based Learning untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Kelas VII B SMPN 13 Surabaya. Journal

of Mathematics Education Resarch.

(1) : 1-7.

Octavia, S. A. 2020. Model - Model

Pembelajaran. Sleman: Penerbit

Deepublish.

Panut, P., Nuraeni, Z., & Yuliardi, R. (2018).

Meningkatkan Kemampuan

Pemahaman Siswa dalam Materi

Himpunan Melalui Model

Pembelajaran Make A Match.

JUMLAHKU: JurnalMatematika

Ilmiah STKIP Muhammadiyah

Kuningan. 4(1):98–108.

Pratama, G. H., Sugandi, A. I., & Yuliani, A.

Upaya Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika pada Materi

Himpunan Menggunakan LKS dengan

Model Problem Based Learning (PBL)

Di Kelas VII Smp Negeri 1 Margaasih.

JPMI (Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif). 6(1): 301-310.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., &

Dewi, R. S. 2022. Pengertian

Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK).4(6):7911-7915.

Rasyidi, A.H., Agusti. 2021. Penerapan

Model Pembelajaran PBL (Problem

Based Learning) Berbasis

Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

(Team Games Tournament) untuk

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil

Belajar Peserta Didik. Jurnal IKA

PGSD. 10 (2) : 477-495.

Sari, S. N., Shodiqin, A., & Buchori, A. 2019.

Efektivitas Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL)

Berbantu Kahoot Terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas XI SMK pada Materi

Persamaan Lingkaran. In Prosiding

Seminar Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika. 4(1): 441-446.

Susanti, L., Muslimin, M., Hirza, B., &

Atikah, D. 2023. Peningkatan Hasil

Belajar Matematika Melalui Penerapan

Model Problem Based Learning Siswa

Kelas VIII SMP Negeri 4 Pendopo Barat.

Jurnal Penelitian Tindakan. 1(1): 1-12.

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru

Universitas PGRI Semarang

November 2023, hal 1287-1297

Vikayatri, M. A., Husna, Y. U. F., Saputri, N.

D., & Ardiansyah, A. S. 2023.

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis

STEM Terintegrasi Problem Based

Learning Materi Dimensi Tiga. In

Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan Matematika (SNPM). ( 4)

:177-192.

Wahyuningsh, R. 2019. Peningkatan Hasil

Belajar Peserta Didik MelaluiPenerapan

Perpaduan Model Pembelajaran

Problem Based Learning dan Team

Games Tournment. Jurnal Pendidikan

Tambusai. 3(2): 641-647.

Wicaksana, P. T. S., Anam, F., Suharti, S.

Peneraan Model Pembelajaran

Problem Based Learning untuk

meningkatkan Hasil Belajar Peserta

Ddik Mata Pelajaran Matematka SMP

Negeri 13 Surabaya. JMER: Journal of

Mathematics Education Research. 2(1)

: 17-22.

Yuniawardani, V., & Mawardi, M. 2018.

Peningkatan hasil belajar pada

pembelajaran matematika dengan

model problem based learning kelas IV

SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi

Pendidikan (JARTIKA).1(2), 24-32.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Azizah. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Setting Teams Games Tournament. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1287–1297. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5261

Issue

Section

Prosiding 2023