Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Setting Teams Games Tournament
Keywords:
Problem Based Learning, Team Games Tournament, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindak kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar matematika peserta didik, melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan
metode Team Games Tournament . Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur dalam lesson
study yang terdapat 2 siklus. Setiap siklus meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) refleksi dan
tindak lanjut. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII I pada salah satu SMP Negeri di
kota Seamarang. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan dokumentasi dan tes berupa
asemen formatif pada pembelajaran dengan melihat kenaikan hasil belajar asesmen formatif peserta
didik dari tiga siklus dengan batasan 75% mencapai nilai KKM yakni 74. Perolehan hasil belajar peserta
didik yang semula ketuntasannya 25% menjadi 75% dari 75% menjadi 94%. Berdasarkan penacapaian
hasil belajar peserta didik dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan setting
Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII I salah
satu SMP Negeri di Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024.
References
Adla, S. R., & Maulia, S. T. (2023). Transisi
Kurikulum K13 Dengan Kurikulum
Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu
Pendidikan. 1(2): 262-270.
(Placeholder2).
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestari, R.,
Zamroni. 2018. Buku Pegagan
Pembelajaran Berorientasi pada
Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan Kementerian
dan Kebudayaan.
Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., &
Sartika, M. 2023. Analisis Faktor yang
Mempengaruhi Rendahnya Hasil
Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam
Penyelesaian Soal Cerita Matematika.
Educativo: Jurnal Pendidikan. 2(1):
-228.
Arsyad, R. B., Badu, S. Q., Abas, N.,
Hulukati, E. 2022. Buu Ajar
Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Story Board untuk
Pembuatan Multimedia Interaktif.
Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Fitrianawati, M., Hartono, H. 2016.
Perbandingan Keefektifan PBL
Berseting TGT dan GI Ditinjau dari
Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir
Kreatif dan Toleransi. Jurnal Riset
Pendidikan Matematika. 3(1) : 55-65.
Hasanah, R., Anam, F., Suharti, S. 2023.
Penerapan Model Pembelajara Problem
Based Learning untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
Kelas VII B SMPN 13 Surabaya. Journal
of Mathematics Education Resarch.
(1) : 1-7.
Octavia, S. A. 2020. Model - Model
Pembelajaran. Sleman: Penerbit
Deepublish.
Panut, P., Nuraeni, Z., & Yuliardi, R. (2018).
Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Siswa dalam Materi
Himpunan Melalui Model
Pembelajaran Make A Match.
JUMLAHKU: JurnalMatematika
Ilmiah STKIP Muhammadiyah
Kuningan. 4(1):98–108.
Pratama, G. H., Sugandi, A. I., & Yuliani, A.
Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika pada Materi
Himpunan Menggunakan LKS dengan
Model Problem Based Learning (PBL)
Di Kelas VII Smp Negeri 1 Margaasih.
JPMI (Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif). 6(1): 301-310.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., &
Dewi, R. S. 2022. Pengertian
Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK).4(6):7911-7915.
Rasyidi, A.H., Agusti. 2021. Penerapan
Model Pembelajaran PBL (Problem
Based Learning) Berbasis
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
(Team Games Tournament) untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Peserta Didik. Jurnal IKA
PGSD. 10 (2) : 477-495.
Sari, S. N., Shodiqin, A., & Buchori, A. 2019.
Efektivitas Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL)
Berbantu Kahoot Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas XI SMK pada Materi
Persamaan Lingkaran. In Prosiding
Seminar Nasional Matematika dan
Pendidikan Matematika. 4(1): 441-446.
Susanti, L., Muslimin, M., Hirza, B., &
Atikah, D. 2023. Peningkatan Hasil
Belajar Matematika Melalui Penerapan
Model Problem Based Learning Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 4 Pendopo Barat.
Jurnal Penelitian Tindakan. 1(1): 1-12.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta.
Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru
Universitas PGRI Semarang
November 2023, hal 1287-1297
Vikayatri, M. A., Husna, Y. U. F., Saputri, N.
D., & Ardiansyah, A. S. 2023.
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
STEM Terintegrasi Problem Based
Learning Materi Dimensi Tiga. In
Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan Matematika (SNPM). ( 4)
:177-192.
Wahyuningsh, R. 2019. Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik MelaluiPenerapan
Perpaduan Model Pembelajaran
Problem Based Learning dan Team
Games Tournment. Jurnal Pendidikan
Tambusai. 3(2): 641-647.
Wicaksana, P. T. S., Anam, F., Suharti, S.
Peneraan Model Pembelajaran
Problem Based Learning untuk
meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Ddik Mata Pelajaran Matematka SMP
Negeri 13 Surabaya. JMER: Journal of
Mathematics Education Research. 2(1)
: 17-22.
Yuniawardani, V., & Mawardi, M. 2018.
Peningkatan hasil belajar pada
pembelajaran matematika dengan
model problem based learning kelas IV
SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi
Pendidikan (JARTIKA).1(2), 24-32.