BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DENGAN TEKNIK ROLE-PLAYING

Authors

  • Aidilla Fitri Febriani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Percaya Diri, Role-Playing

Abstract

Percaya diri (self-confidence) memegang peranan sangat penting bagi keberhasilan seseorang dalam hidupnya. Salah satu teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa adalah dengan teknik role-playing (Bermain peran). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok dengan teknik role-playing efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI-3 SMA 14 Semarang. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik role-playing untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas XI-3 SMA 14 Semarang. Penelitian ini mengarah kepada studi kasus di dalam kelas dengan skema Pra-siklus atau pra-tindakan merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum penelitian memasuki tahapan siklus I dan II. Teknik pengumpulan data observasi kelas, angket dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang sesuai dengan rumusan masalah yang dirumuskan. Adapun instrumen yang digunakan ialah Lembar Observasi Keaktifan Peserta Didik dan angket percaya diri. Teknik yang digunakan dalam analisis data keaktifan siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase teknik yang digunakan dalam analisis data percaya diri siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.Kondisi awal siswa diperoleh melalui observasi keaktifan siswa dan percaya diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil observasi dikonsultasikan dengan guru kelas. Guru kelas menjelaskan permasalahan yang ada dikelas XI-3 saat proses pembelajaran. Akhirnya peneliti dan guru sepakat untuk memperbaiki masalah percaya diri siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role-playing efektif meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas XI-3 SMA 14 Semarang.

References

Helmiati, 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Hartanti, 2022. Bimbingan Kelompok. Tulungagung : UD Duta Sablon.

Hulukati, W., 2016. Pengembangan Diri Siswa SMA (Edisi-1). Ideas Publising.

Kumara, A. R. 2017. Bimbingan Kelompok. Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Manap solihat, Melly M. O. S. ,2016. Interpersonal Skill Tips Membangun Komunikasi dan Relasi.

Safriana, H. N. dan A., 2019. Bimbingan Konseling : Konsep, Teori dan Aplikasinya (Lucky Nindi Riandika (ed.); Cetakan 1). UD Duta Sablon.

Subagyo, H., 2013. Role-play. In Occupational Group Therapy. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.1002/9781119591498.ch10

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Febriani , A. F. . (2023). BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DENGAN TEKNIK ROLE-PLAYING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 825–836. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5189

Issue

Section

Prosiding 2023