PENERAPAN CTL BERBANTU GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI DAN KEATIFAN PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI TANSPOR MEMBRAN
Keywords:
Kolaborasi, Keaktifan, Contextual teaching and learning, Google sitesAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kolaborasi dan keaktifan peserta didik setelah penerapan pendekatan contextual teaching and learning berbantu media google sites dikelas XI pada materi transport membrane. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 di kelas XI-9 SMA Negeri 8 Semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.motode pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi terkait kemampuan kolaborasi dan keaktifan peserta didik dibantu oleh observer. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif untuk mengambarkan kemampuan kolaborasi dan keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kolaborasi dari prasiklus hingga siklus 2. Presentase keaktifan peserta didik pada kategori tinggi dari 25 %, meningkat menjadi 61,1 % pada siklus 1, dan 100 % pada siklus 2. Selanjutnya keaktifan peserta didik pada prasiklus peseerta didik pada kategori tinggi sebesar 0 %, pada siklus ke 1 peserta didik pada kategori tinggi 30,6 %, dan pada siklus 2 peserta didik pada kategori tinggi sebesar 81%. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis contextual teaching and learning berbantu media google sites efektif digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan keaktifan belajar peserta didik kelas XI pada materi transport membrane di SMA N 8 Semarang.
References
Amin, A & Sulistiyono. 2021. Pengembangan Handout Fidika Berbasis Contextual Teacing And Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika UNDISKA. VOL. 11. No. 1.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., S, N. H. 2021. Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2021, 319-324.
Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Evitasari & Mariam. 2022. Media Diorama Dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol. 3. No. 1.
Harsanto, B. 2012. Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites
Hamadayana, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor : Ghalia Indonesia.
Hamid, E. S. (2020). Webinar Nasional Kampus Merdeka-Merdeka Belajar Menakar Kesiapan SDM Indonesia dalam Menghadapi Society 5.0. http://new.widyamataram.ac.id/content/news/meng hadapi-era-society-50-perguruan-tinggi-harusambil-peran#.YYsS3sdBzIU.
Iru, L., Arihi, L.S. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo.
Kemendikbud. (2017). Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah
Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
OECD. 2018. PISA 2018 : Insights and Interpretation. OECD Publishing, Paris.
Purwanto, N. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ratnasari, S. F., dan A. A. Saefudin. (2018). Efektivitas pendekatan contextual teaching andLearning (CTL) ditinjau dari kemampuan Komunikasi matematika siswa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol.6, No.1, 119-127
Silberman, M., L. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media
Sufyandi, s, dkk. 2021. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikn Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenanda Media.