Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Klasikal Teknik Permainan Simulasi pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Semarang
Keywords:
self-confident, classical guidance services, simulation gameAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kemampuan kepercayaan diri pada peserta didik
kelas X.2 SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif
kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.2 SMA Negeri 11 Semarang
sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
menggunakan angket kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan terbagi menjadi dua,
yaitu analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan deskripsi mengenai populasi
penelitian berdasarkan data dari populasi, sedangkan yang kedua pengujian hipotesis yang dilakukan
dengan analisis uji beda paired sample t-test menggunakan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil
penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik mengalami peningkatan
sebesar 18% setelah dilakukan siklus I dan siklus II, semula pada pra siklus hanya 67% (sedang)
dilanjutkan di siklus I menjadi 74% (sedang), dan pada siklus II menjadi 85% (tinggi). Hasil pengujian
hipotesis melalui analisis uji beda paired sample t-test diperoleh hasil Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05
maka dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, atau dapat dikatakan bahwa
terjadi peningkatan tingkat kemampuan kepercayaan melalui layanan bimbingan klasikal dengan
teknik permainan simulasi pada peserta didik kelas X.2 di SMA Negeri 11 Semarang
References
Dwiastuti, I. (2018). Kecenderungan
depresi pada individu yang
mengalami kekerasan dalam
pacaran. Psikosains: Jurnal
Penelitian dan Pemikiran
Psikologi, 10(2), 79-90.
Puspitasari, Mega Ayu. 2014. Hubungan
Antara Pengalaman Shalat Tahajud
Dengan Kepercayaan Diri
Menghadapi Ujian Nasional Pada
Siswa Kelas XII MA Nurul Ummah
Kotagede Yogyakarta Tahun
Pembelajaran 2013/2014. Skripsi.
Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta.
Rahayuningdyah, E. (2016). Upaya
Meningkatkan Kepercayaan Diri
Melalui Layanan Konseling
Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D
Di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Randi Kusuma, L. (2012). Efektivitas
Teknik Permainan Simulasi dalam
Meningkatkan Keterbukaan Diri
Siswa Kelas XE SMK PGRI 2
Salatiga Tahun Ajaran
/2012 (Doctoral dissertation,
Program Studi Bimbingan dan
Konseling FKIP-UKSW).
Santrock, R. D., Buchanan, M. M., Lee, T.
H., & Berlet, G. C. (2003).
Osteochondral lesions of the
talus. Foot and ankle clinics, 8(1),
-90.
Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H.
(2018). Meningkatkan Percaya Diri
Siswa melalui Teknik Cognitive
Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan
Dan Konseling, 3(1), 14-21.
Ukkas, R., Thaha, H., & Rahmawati, R.
(2020). Peranan Media Bermain
bagi Perkembangan Aspek
Psikomotorik Anak Usia Dini di TK
Seatap Kampung Tangnga. Jurnal
Konsepsi, 9(3), 140-151.
Yahya, A. D., & Winarsih, W. (2017).
Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial
dalam Meningkatkan Komunikasi
Interpersonal Peserta Didik Kelas
XI SMA Negeri 2 Padang Cermin
Kabupaten Pesawaran. KONSELI:
Jurnal Bimbingan dan Konseling
(E-Journal), 3(1), 41-56.