Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Klasikal Teknik Permainan Simulasi pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Semarang

Authors

  • Aninda Nurchasna Universitas PGRI Semarang

Keywords:

self-confident, classical guidance services, simulation game

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kemampuan kepercayaan diri pada peserta didik
kelas X.2 SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif
kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.2 SMA Negeri 11 Semarang
sebanyak 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
menggunakan angket kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan terbagi menjadi dua,
yaitu analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan deskripsi mengenai populasi
penelitian berdasarkan data dari populasi, sedangkan yang kedua pengujian hipotesis yang dilakukan
dengan analisis uji beda paired sample t-test menggunakan bantuan SPSS 26. Berdasarkan hasil
penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik mengalami peningkatan
sebesar 18% setelah dilakukan siklus I dan siklus II, semula pada pra siklus hanya 67% (sedang)
dilanjutkan di siklus I menjadi 74% (sedang), dan pada siklus II menjadi 85% (tinggi). Hasil pengujian
hipotesis melalui analisis uji beda paired sample t-test diperoleh hasil Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05
maka dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima, atau dapat dikatakan bahwa
terjadi peningkatan tingkat kemampuan kepercayaan melalui layanan bimbingan klasikal dengan
teknik permainan simulasi pada peserta didik kelas X.2 di SMA Negeri 11 Semarang

References

Dwiastuti, I. (2018). Kecenderungan

depresi pada individu yang

mengalami kekerasan dalam

pacaran. Psikosains: Jurnal

Penelitian dan Pemikiran

Psikologi, 10(2), 79-90.

Puspitasari, Mega Ayu. 2014. Hubungan

Antara Pengalaman Shalat Tahajud

Dengan Kepercayaan Diri

Menghadapi Ujian Nasional Pada

Siswa Kelas XII MA Nurul Ummah

Kotagede Yogyakarta Tahun

Pembelajaran 2013/2014. Skripsi.

Universitas Islam Negeri Sunan

Kalijaga Yogyakarta.

Rahayuningdyah, E. (2016). Upaya

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Melalui Layanan Konseling

Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D

Di SMP Negeri 3 Ngrambe. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(2).

Randi Kusuma, L. (2012). Efektivitas

Teknik Permainan Simulasi dalam

Meningkatkan Keterbukaan Diri

Siswa Kelas XE SMK PGRI 2

Salatiga Tahun Ajaran

/2012 (Doctoral dissertation,

Program Studi Bimbingan dan

Konseling FKIP-UKSW).

Santrock, R. D., Buchanan, M. M., Lee, T.

H., & Berlet, G. C. (2003).

Osteochondral lesions of the

talus. Foot and ankle clinics, 8(1),

-90.

Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H.

(2018). Meningkatkan Percaya Diri

Siswa melalui Teknik Cognitive

Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan

Dan Konseling, 3(1), 14-21.

Ukkas, R., Thaha, H., & Rahmawati, R.

(2020). Peranan Media Bermain

bagi Perkembangan Aspek

Psikomotorik Anak Usia Dini di TK

Seatap Kampung Tangnga. Jurnal

Konsepsi, 9(3), 140-151.

Yahya, A. D., & Winarsih, W. (2017).

Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial

dalam Meningkatkan Komunikasi

Interpersonal Peserta Didik Kelas

XI SMA Negeri 2 Padang Cermin

Kabupaten Pesawaran. KONSELI:

Jurnal Bimbingan dan Konseling

(E-Journal), 3(1), 41-56.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nurchasna, A. . (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Klasikal Teknik Permainan Simulasi pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1037–1043. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5221

Issue

Section

Prosiding 2023