Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Game Sun Mathematics pada siswa kelas 2B di SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang

Authors

  • Laili Khoiriyah Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Siti Khuluqul Hasanah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

media game Sun Mathematics, hasil belajar, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2B Sekolah Dasar melalui media Game Sun Mathematics dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Karanganyar Gunung 02. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Siklus tersebut terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, pretest dan dokumentasi selama 2 siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan modul ajar dan media sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan media game Sun Mathematics pada mata pelajaran Matematika yang menunjukkan adanya peningkatan tiap siklusnya, dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa yang telah melaksanakan eksperimen. Dengan demikian media game Sun Mathematics pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas 2B SDN Karanganyar Gunung 02 mengalami peningkatan.

References

Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Agus, Suprijono. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alessi & Trollip. (2001). Multimedia for learning: Methods and development.Massachusetts: A Pearson Education

Arikunto, Suharsimi. 2007. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta.

Depdiknas. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Jalil, Muhammad. 2016. Pengembangan Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2)

Maslani. (2016). Meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui permainan (game) ranking i pada materi norma dalam kehidupan bersama di kelas vii a smpn 4 pelaihari. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan , 1015-1016.

Nurmawati. (2016). Evaluasi Pendidikan Islami. (Asrul, Ed.) Bandung: Citapustaka Media.

Putra, Zetra Hainul, dkk. 2019. Development of Powerpoint-Based Learning Media in Integrated Thematic Instruction of Elementary School. Journal of Scientific & Technology Research, 8 (10)

Sri Subarinah. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. INFORM, 1(1), 1–8

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Khoiriyah, L. ., Mushafanah, Q. ., & Hasanah, S. K. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Game Sun Mathematics pada siswa kelas 2B di SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3438–3443. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5682

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)