Penerapan Model Game Based Learning Berbasis MLB (Mobile Learning Barcode) dalam Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMP N 6 Semarang
Keywords:
Penilaian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Game Based Learning, Mobile Learning BarcodeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi Perpangkatan dan Bentuk Akar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Semarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/204 melalui model Game Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 6 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar evaluasi/ refleksi, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi berupa lembar pengamatan dan tes berupa soal isian yang diberikan kepada peserta didik pada akhir setiap siklus untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan teknik Analisis Deskriptif Kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan model Game Based Learning pada materi perpangkatan dan bentuk akar terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pra siklus sebesar 41,18%, siklus I sebesar 64,71%, dan siklus II sebesar 82,35%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Game Based Learning Berbasis MLB (Mobile Learning Barcode) pada materi perpangkatan dan bentuk akar mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Akbar Iskandar, Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Di Era Digital, Sulawesi: Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia, 2023.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13-23.
Nyoman, N., & Widiastrini, P. (2020). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X AK 3 SMK N 1 Mas Ubud dengan Menerapkan Model Discovery Learning Berbantuan LKS Terstruktur. 4(4), 415–421.
Sinar, Metode Active Learning Upaya Peningkatan keaktifan dan Hasil Belajar Siswa, Yogyakarta: 2018
Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165–174
Ismah, I., & Sundi, V. H. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Labschool Fip Umj. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 161. https://doi.org/10.24853/fbc.4.2.161 -169
Invers, F., Pd, S., & Banda, N. (2019). No Title. 1, 88–104
Khoerunnisa, S. F., & Senjayawati, E.(2018). Barisan dan deret Aritmatika dan Geometri. X(X), 3. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1505-1512
Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.p hp/JIPGSD/article/view/110
Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64.
Wayan Nurkancana, (1983). Evaluasi Pendidikan, Surabaya. Usaha Nasional.
Yustika, G., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui NHT. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 481–493.