Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Melalui Model PBL Berbantu Media Board Game

Authors

  • Sri Murni Universits PGRI Semarang

Keywords:

Aktivitas belajar, Problem Based Learning, Media Board Game

Abstract

Masih rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Board Game. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi aktivitas peserta didik dan dokumentasi. Berdasarkan paparan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap peserta didik kelas V-A di SDN Sendangmulyo 02 diketahui adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Board Game. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar dari kondisi awal, siklus I, dan siklus II terus meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik kelas V meningkat dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu media Board Game.   

References

Bhoko, V., Wungo Kaka, P., & Uge Lawe, Y. (2023). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (Problem Based Learning) TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 723–733. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1039

Devi, M. Y., & Arwin. (2020). Penggunaan Model PBL Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 11–20. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang, N. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE DALAM METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. JTEP- Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 826–838. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/viewFile/503/460

Hasibuan, T. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Sibolga Tahun Ajaran 2021-2022. Jurnal ESTUPRO, 6(3), 18–27. http://www.jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/825

Jagad A., D., & Nurgiansah, T. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture Dalam. 11(3), 234–241.

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatan Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 23–35. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627

Nurfiyanti, P. E., Yennita, & Jumiarni, D. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FOTOSINTESIS SEBAGAI PENDAHULUAN Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 mendefinisikan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran ag. 3(1), 74–80.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sukrotin, P., Wakhyudin, H., & Setyaningsih, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz Paper Mode. 1641–1647.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar.

Suwarno, S., Auliah, A., Babay, A., & Yunus, S. R. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Materi Perkembang Biakan Tumbuhan. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 93. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31134

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sri Murni. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V Melalui Model PBL Berbantu Media Board Game . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3267 – 3274. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5661

Issue

Section

Prosiding 2023