Improving E Phase Students Learning Outcomes in English Class Using Team Game Tournaments
Keywords:
Team Game Tournaments, Hasil Belajar Siswa, Siswa Fase EAbstract
Karena hanya sedikit sekolah dasar di Indonesia yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris, banyak siswa menganggap kelas bahasa Inggris di sekolah menengah pertama memberatkan. Ini adalah hasil dari banyaknya kosakata yang harus mereka pelajari dengan cepat. Kenyataannya, bahasa Inggris merupakan bahasa yang harus diajarkan kepada siswa Indonesia sejak dini, karena strukturnya sangat berbeda dengan mayoritas bahasa Indonesia sehingga mempelajarinya memerlukan usaha dan dorongan yang lebih. Hal ini tentunya berdampak pada proses pembelajaran bahasa Inggris mereka pada fase E. Siswa yang berada pada fase E kurikulum merdeka saat ini masih dalam proses transisi dari SMP dengan kurikulum 2013 ke SMA dengan kurikulum merdeka. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan mengimplementasikan Team Game Tournaments (TGT) pada pelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar siswa fase E. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa yang ditemukan pada pra-siklus dengan materi extended text. Setelah melakukan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat fase, ditemukan peningkatan rata-rata nilai dari 51,67% pada pra-siklus, menjadi 66,11% pada siklus 1, hingga peningkatan menjadi 84,31% pada siklus 2. Dengan dua siklus, penelitian ini menunjukkan bahwa TGT telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, siklus lain tidak diperlukan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Team Game Tournaments pada siswa fase E berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.