Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Jigsaw

Authors

  • Rizqi Amaludin Universitas PGRI Semarang

Keywords:

perencanaan karir, bimbingan klasikal, jigsaw

Abstract

Permasalahan yang akan dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan metode jigsaw untuk meningkatkan pemahaman perencanaan karir peserta didik kelas IX B di SMP N 36 Semarang. Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan klasikal dengan metode jigsaw untuk meningkatkan pemahaman perencanaan karir peserta didik kelas IX B di SMP N 36 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Metode penelitian ini menggunakan pretest and posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IX A, IX B, IX C, IX D, IX E, IX F, IX G, IX H, dan IX I dengan jumlah 288 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih berdasarkan kelas-kelas yang diampu, kemudian diambil 1 kelas yaitu kelas IX B. Hasil analisis penelitian ini diketahui dari uji pretest terdapat peningkatan pada uji posttest terhadap peserta didik. Hal tersebut diartikan bahwa dengan ini terdapat perbedaan hasil uji pretest dan posttest yakni peningkatan pada pemahaman perencanaan karir peserta didik terhadap kelompok yang diberikan perlakuan atau treatment melalui layanan bimbingan klasikal dengan metode jigsaw.

References

Ayuni, Arifa Nisrina. 2015. Kematangan karir Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Keadaan Ekonomi Keluarga Di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015.E-Jounal.

Bangun, Wilson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Falentini, febry Yani, dkk. 2013. Usaha Yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Pilihan Karir Dan Hambatan-Hambatan Yang Ditemui (Studi Deskriptif Terhadap Siswa SMA N 3 Payakumbuh. Julnal Ilmiah.

Hartono. 2016. Bimbingan Karir. Jakarta: Prendah Media Group.

Kaswan. 2014. Career Development (Pengembangan Karir Untuk Mencapai Kesuksesan dan Kepuasan). Bandung: Alfabeta.

Majid, Abdul. 2014. Srategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meldona & Siswanto.2011. Perencanaan Tenaga Kerja. Malang: UIN Maliki Press (Anggota IKAPI).

Narti, Sri. 2014. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priyatno, Tovik. 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Psikopedagogia. Volume 5, No 1.

Siagian, Sondang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryobroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah; wawasan Bazru,,Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka cipta.

Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Intelegensi). Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Thaem, Albinus. 2012. Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Struktur Tumbuhan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Melayu Rakyat Ketapang. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Winkel, W.,S dan M.M. Sri Hastuti. 2010. Bimbingan dan konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf Syamsu dan Nurihsan Juntika. 2012. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Amaludin, R. . (2023). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Jigsaw . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 837–841. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5190

Issue

Section

Prosiding 2023