Meningkatkan Perencananaan Karir Menggunakan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Diskusi Pada Peserta Didik Kelas Xi-1 Sma Negeri 2 Semarang
Keywords:
Perencanaan Karir, layanan bimbingan klsikal, metode diskusiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang masih memiliki perencanaan karir yang masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa masih mengalami kebingungan dalam perencanaan karir yang di alami. Ditandai dengan adanya hasil angket kebutuhan peserta didik (AKPD) mengenai saya masih memilih keraguan dengan pilihan cita-cita atau karir masa depan mendapat prosentasi 2,90% dengan jumlah responden 24 siswa dari 36 siswa.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dapat tidaknya layanan bimbingan klasikal dengan metode diskusi meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 2 Semarang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal metode diskusi. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 2 Semarang yang berjumlahkan 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdapat 2 kali tindakan. Metode pengumpulan data menggunakan skala perencanaan karir yang telah diuji validitas dan rehabilitasnya. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan layanan bimbingan klasikal metode diskusi dapat meningkatkan perencanaan karir peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Semarang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan skor setelah diberikan layanan baik sikuls I maupun sikuls II. Pada siklus I memperoleh presentase sebanyak 75%, dan pada siklus 2 memperoleh presentase 87%, oleh karena itu terdapat kenaikan setiap pelaksanaan siklus. Dari hasil siklus yang telah dilasanakan terdapat kenaikan sebanyak 11% dari siklus 1 dan 19% dari data awal sebelum dilaksanakan siklus.
References
Adiputra, Sofwan. Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Fokus Konseling 1, no. 1 (2015): 45–56. https://doi.org/10.26638/jfk.70.2099.
Aisah S, Mugiarso H, dan Anni CT. 2018. Internal Locus Of Control dan Dukungan Keluarga Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majenang : Indonesian Journal of Guidance and Counseling: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/18946
Arikunto S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 178
Diananda A. 2018. Psikologi Remaja Dan Permasalahannya, Journal Istigna, 1,(1)
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kushendar. (2019). Strategi Bimbingan Karir Menggunakan Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Pemilihan Sekolah Lanjutan Siswa SMP. Jurnal Edukasi. 5(1).
Manik, T. L. (2022). Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XII SMK Multi Karya Medan. IKA BKI, 4(2), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.1451
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014, Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, hal. 15
Mirawati. 2018. Pengaruh layanan bimbingan klasikal dan kekompakan kelompok dalam memantapkan karir siswa SMA Budi Agung Medan : Kognisi Jurnal. 3.(1), 14-28. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/viewFile/486/1784
Palupi, A. J. (2021, December). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERENCANAAN KARIR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA KARTU TRUE OR FALSE. In Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD (Vol. 1, No. 1).
Rahayu, D. S., & Susilaningsih, C. Y. (2018). Efektivitas layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang seks. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(2), 163.
Ramadani, C. R, & dkk. (2023). Layanan Informasis Karier Berbasis Hypermedia. : Jurnal Bikotetik. 7,(2).
Riyadi S, R. & N. (2016). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMP-MTs. Paramitra Publishing.
Simbolon N. P. & Rasyid M. (2021). Konsep Diri Dan Dukungan Orangtua Terhadap Keputusan Karir : Jurnal Imiah Psikologi. 9,(2), 391-401. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/viewFile/5980/pdf
Sitompul L. 2018. Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir Di Sekolah Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas XI-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018 : Jurnal Tabularas PPS UNIMED. 15, (3), 319. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tabularasa
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Karier untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa SMA. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.30653/001.201931.55
Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo