PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X
Keywords:
Hasil Belajar Kognitif, Keaktifan, Peserta didik, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dua siklus dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi biologi di kelas X. Pengumpulan data penelitian ini dengan melalui observasi, tes tulis, dan angket. Pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah nyata. Hasil penelwitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL meningkatkan keaktifan peserta didik. Peningkatan pada keaktifan peserta didik yaitu sebesar 18 % pada siklus 1 dan siklus 2. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengajukan pertanyaan, berbicara, dan menulis selama proses pembelajaran. Selain itu, model PBL meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Peningkatan ketuntatasan sebesar 22% ditunjukkan pada hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik.
References
Amin, A. and Sulistiyono, S., 2021. Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), pp.29-38.
Ananda, I., Usman, B., & Juniati, D. (2018). Hubungan antara keaktifan belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas XI MIA SMA Negeri 4 Padang. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 95-105.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Etika, E., Purnamasari, I. and Sugiman, S., 2022. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 01 Sawangan Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023. Educatif Journal of Education Research, 4(4), pp.143-150.
Fitriani, D.R., & Bahar, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Pemahaman Konsep Melalui Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 4(2), 144-153.
Istikomah, D.D., 2020. Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Daring Zoom Meet dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Gangguan Pada Organ Peredaran Darah Manusia di kelas 5 tema 4 SDN Pengkol 2 Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1).
Marpaung, R., 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), pp.16-22.
Minarti, I.B., Nurwahyunani, A., Anisa, L.N., Widodo, D.K., Kusumaningtyas, R.C., Septiani, F.D., Putri, O.D., Wijaya, A.T. and Savitri, S.A., 2023. Pengaruh Model Pembelajaran PBL dalam Mengembangkan Berpikir Kritis, Keaktifan, dan Hasil Belajar Siswa. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), pp.56-63.
Minarti, I.B., Nurwahyunani, A., Fajriyah, S.A., Sholekhah, S.D., Ardian, V.V.K., Lestari, S.A. and Firdaus, D.H., 2023. Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di indonesia. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), pp.44-54.
Muirdin, A., Suriadi, F., & Wijaya, K. (2018). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 47-52.
Santoso, H. (2017). Analisis keaktifan dan motivasi belajar serta hubungannya dengan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Tegal. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(3), 434-443.
Sebayang, R.I.T., Surapranata, S., & Fitria, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, vol. 3(2), 390-400.
Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.
Suhartono, A., Riyanto, E., & Hidayatullah, M.A. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi biologi kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 2(1), 32-41.
Yuniastuti, T., Setyawati, E., & Wicaksono, A. A. (2020). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 666-675.