Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X melalui Kegiatan Bimbingan Belajar
Keywords:
hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah, bimbingan belajarAbstract
Karakteristik siswa yang beragam dari sekolah jenjang sebelumnya dengan lingkungan belajar yang baru
menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam memahami proses pembelajaran yang harus dilakukan
pada kurikulum merdeka. Penilitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa di
salah satu SMA Negeri di Semarang pada materi eksponen dengan pembelajaran berbasis masalah
melalui kegiatan bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
subjek 36 siswa kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes.
Teknik yang digunakan sebagai analisis data akhir adalah analisis data kuantitatif. Uji N-Gain (Gain
Ternormalisasi) dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif setelah diberikan
perlakuan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas X di salah satu SMA
Negeri di Semarang diperoleh simpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah
melalui kegiatan bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat
dilihat melalui: (1) capaian rata-rata nilai kognitif sebelum tindakan sebesar 67,08, setelah dilakukan
tindakan meningkat menjadi 81,44, (2) prosentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 sebelum tidakan
sebesar 20,59%, pada akhir siklus meningkat menjadi 80% dan (3) hasil analisis N-Gain yang telah
dilakukan pada kegiatan pra-siklus sampai akhir siklus sebesar 0,66 dengan kategori sedang.
References
Ahmad, Negara, H. R. P., Kurniawati, K. R.
A., & Santosa, F. H. (2019).
Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi
Belajar Matematika Siswa Melalui
Kegitan Bimbingan Belajar. Jurnal
Pemberdayaan Masyarakat
Berkarakter, 2(2), 189–198.
Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M.
(2018). PENGARUH
PEMBELAJARAN BERBASIS
MASALAH TERHADAP
KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH MATEMATIS SISWA
SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif), 1(3), 355.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p
-360
Aprilia, A., Fitriana, D. N., Awal, M.,
Terhadap, S., Matematika, P., Sulit, Y.,
& Menakutkan, D. (2022). MINDSET
AWAL SISWA TERHADAP
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
YANG SULIT DAN MENAKUTKAN.
Journal Elmentary Education P.Issn,
(2), 28–40.
http://pedirresearchinstitute.or.id/in
dex.php/Pedirjournalelementaryeduc
ation/
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Rineka
Cipta.
Arrohman, D. A., & Lestari, T. (2023).
Analisis Keragaman Peserta Didik dan
Implementasi Kurikulum Merdeka
Pada Mata Pelajaran Fisika. JSER
Journal of Science and Education
Research, 2(2), 1–11.
https://jurnal.insanmulia.or.id/index
.php/jser/
Buchori, A., & Kholifah, S. (2022).
Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Siswa SMA Dalam Materi Bunga
Tabungan Dan Pajak Menggunakan
Desain Multimedia Interaktif. Jurnal
Derivat: Jurnal Matematika Dan
Pendidikan Matematika, 9(2), 174–
https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i
4196
Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019).
PENINGKATAN KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH DAN
DISPOSISI MATEMATIS SISWA
DENGAN PEMBELAJARAN
BERBASIS MASALAH. MATHEMA
JOURNAL, 1(1), 31–39.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023).
Korelasi Motivasi Belajar dan
Pemahaman Matematis terhadap
Hasil Belajar Matematika. JURNAL
PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(1),
–57.
Janawi. (2019). Memahami Karakteristik
Peserta Didik dalam Proses
Pembelajaran. Jurnal Pendidikan
Islam, 6(2), 68–79.
https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6
i2.1236
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018).
Pengembangan Bahan Ajar
Matematika Berbasis Masalah
Berorientasi pada Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis dan
Prestasi Belajar Matematika.
Indonesian Journal of Mathematics
Education, 1(1), 34–46.
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S.
(2023). Keefektifan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning ( PBL ) terhadap
Kemampuan Literasi dan Numerasi
Peserta Didik di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v
i1.4106
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z.
(2018). Validitas Lembar Kerja
Peserta Didik Berbasis Penemuan
Terbimbing dalam Upaya
Meningkatkan Pemahaman Konsep
dan Kemampuan Penalaran
Matematis. Edumatika : Jurnal Riset
Pendidikan Matematika,
(2), 56.
https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.
Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T.,
Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., &
Ngina, M. Y. (2021).
PENDAMPINGAN BIMBINGAN
BELAJAR MATEMATIKA
BERBANTUAN ALAT PERAGA BAGI
SISWA SEKOLAH DASAR DI
KELURAHAN MATALOKO. Jurnal
Abdimas Ilmiah Citra Bakti,
(2).
https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.
Sitorus, S. (2021). PENELITIAN
TINDAKAN KELAS BERBASIS
KOLABORASI (Analisis Prosedur,
Implementasi dan Penulisan
Laporan). AUD Cendekia: Journal of
Islamic Early Childhood Education,
(03), 200
–213.
Tanjung, H. S. (2017). PENINGKATAN
KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN
MATEMATIS SISWA SMA MELALUI
MODELPEMBELAJARAN
BERBASIS MASALAH Henra Saputra
Tanjung. MAJU,
(2), 42
–54.
Upu, A., Taneo, P. N. L., & Daniel, F.
(2022). Analisis Kesalahan Siswa
dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Berdasarkan Tahapan Newman dan
Upaya Pemberian Scaffolding.
Edumatica : Jurnal Pendidikan
Matematika, 12(01), 52
–62.
https://doi.org/10.22437/edumatica.
v12i01.16593