Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X melalui Kegiatan Bimbingan Belajar

Authors

  • Eva Muzdalifah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah, bimbingan belajar

Abstract

Karakteristik siswa yang beragam dari sekolah jenjang sebelumnya dengan lingkungan belajar yang baru
menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam memahami proses pembelajaran yang harus dilakukan
pada kurikulum merdeka. Penilitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa di
salah satu SMA Negeri di Semarang pada materi eksponen dengan pembelajaran berbasis masalah
melalui kegiatan bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
subjek 36 siswa kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes.
Teknik yang digunakan sebagai analisis data akhir adalah analisis data kuantitatif. Uji N-Gain (Gain
Ternormalisasi) dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif setelah diberikan
perlakuan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas X di salah satu SMA
Negeri di Semarang diperoleh simpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah
melalui kegiatan bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat
dilihat melalui: (1) capaian rata-rata nilai kognitif sebelum tindakan sebesar 67,08, setelah dilakukan
tindakan meningkat menjadi 81,44, (2) prosentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 sebelum tidakan
sebesar 20,59%, pada akhir siklus meningkat menjadi 80% dan (3) hasil analisis N-Gain yang telah
dilakukan pada kegiatan pra-siklus sampai akhir siklus sebesar 0,66 dengan kategori sedang.

References

Ahmad, Negara, H. R. P., Kurniawati, K. R.

A., & Santosa, F. H. (2019).

Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi

Belajar Matematika Siswa Melalui

Kegitan Bimbingan Belajar. Jurnal

Pemberdayaan Masyarakat

Berkarakter, 2(2), 189–198.

Al Ayyubi, I. I., Nudin, E., & Bernard, M.

(2018). PENGARUH

PEMBELAJARAN BERBASIS

MASALAH TERHADAP

KEMAMPUAN PEMECAHAN

MASALAH MATEMATIS SISWA

SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif), 1(3), 355.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p

-360

Aprilia, A., Fitriana, D. N., Awal, M.,

Terhadap, S., Matematika, P., Sulit, Y.,

& Menakutkan, D. (2022). MINDSET

AWAL SISWA TERHADAP

PEMBELAJARAN MATEMATIKA

YANG SULIT DAN MENAKUTKAN.

Journal Elmentary Education P.Issn,

(2), 28–40.

http://pedirresearchinstitute.or.id/in

dex.php/Pedirjournalelementaryeduc

ation/

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Rineka

Cipta.

Arrohman, D. A., & Lestari, T. (2023).

Analisis Keragaman Peserta Didik dan

Implementasi Kurikulum Merdeka

Pada Mata Pelajaran Fisika. JSER

Journal of Science and Education

Research, 2(2), 1–11.

https://jurnal.insanmulia.or.id/index

.php/jser/

Buchori, A., & Kholifah, S. (2022).

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Siswa SMA Dalam Materi Bunga

Tabungan Dan Pajak Menggunakan

Desain Multimedia Interaktif. Jurnal

Derivat: Jurnal Matematika Dan

Pendidikan Matematika, 9(2), 174–

https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i

4196

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019).

PENINGKATAN KEMAMPUAN

PEMECAHAN MASALAH DAN

DISPOSISI MATEMATIS SISWA

DENGAN PEMBELAJARAN

BERBASIS MASALAH. MATHEMA

JOURNAL, 1(1), 31–39.

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023).

Korelasi Motivasi Belajar dan

Pemahaman Matematis terhadap

Hasil Belajar Matematika. JURNAL

PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(1),

–57.

Janawi. (2019). Memahami Karakteristik

Peserta Didik dalam Proses

Pembelajaran. Jurnal Pendidikan

Islam, 6(2), 68–79.

https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6

i2.1236

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018).

Pengembangan Bahan Ajar

Matematika Berbasis Masalah

Berorientasi pada Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis dan

Prestasi Belajar Matematika.

Indonesian Journal of Mathematics

Education, 1(1), 34–46.

Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S.

(2023). Keefektifan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning ( PBL ) terhadap

Kemampuan Literasi dan Numerasi

Peserta Didik di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i1.4106

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z.

(2018). Validitas Lembar Kerja

Peserta Didik Berbasis Penemuan

Terbimbing dalam Upaya

Meningkatkan Pemahaman Konsep

dan Kemampuan Penalaran

Matematis. Edumatika : Jurnal Riset

Pendidikan Matematika,

(2), 56.

https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.

Rawa, N. R., Wewe, M., Wangge, M. C. T.,

Meo, V., Gelo, O., Kosu, M. B. P., &

Ngina, M. Y. (2021).

PENDAMPINGAN BIMBINGAN

BELAJAR MATEMATIKA

BERBANTUAN ALAT PERAGA BAGI

SISWA SEKOLAH DASAR DI

KELURAHAN MATALOKO. Jurnal

Abdimas Ilmiah Citra Bakti,

(2).

https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.

Sitorus, S. (2021). PENELITIAN

TINDAKAN KELAS BERBASIS

KOLABORASI (Analisis Prosedur,

Implementasi dan Penulisan

Laporan). AUD Cendekia: Journal of

Islamic Early Childhood Education,

(03), 200

–213.

Tanjung, H. S. (2017). PENINGKATAN

KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN

MATEMATIS SISWA SMA MELALUI

MODELPEMBELAJARAN

BERBASIS MASALAH Henra Saputra

Tanjung. MAJU,

(2), 42

–54.

Upu, A., Taneo, P. N. L., & Daniel, F.

(2022). Analisis Kesalahan Siswa

dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Berdasarkan Tahapan Newman dan

Upaya Pemberian Scaffolding.

Edumatica : Jurnal Pendidikan

Matematika, 12(01), 52

–62.

https://doi.org/10.22437/edumatica.

v12i01.16593

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Muzdalifah, E. (2023). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X melalui Kegiatan Bimbingan Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1319–1328. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5264

Issue

Section

Prosiding 2023