Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Emotional Quotients dengan Model Problem Posing Berbasis Karakter
Keywords:
Hasil Belajar, Emotional Quotients, Problem Posing Berbasis KarakterAbstract
Emotional Quotients (EQ) atau kecerdasan emosional yang baik sangat dibutuhkan bagi siswa untuk
menunjang hasil belajar, namun berdasarkan pengamatan secara langsung di salah satu SMA negeri di
kota Semarang, ditemukan beberapa indikasi rendahnya EQ siswa, yaitu kemampuan mengelola emosi
yang belum optimal dan sikap individualis yang berlebihan. Hasil pra-siklus juga menunjukkan
rendahnya EQ yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar domain kognitif, afektif, maupun
psikomotorik. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu proses pembelajaran dengan pendekatan
karakter yang belum menjadi prioritas. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut
yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem posing berbasis karakter. Penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
domain kognitif, afektif dan psikomotorik melalui peningkatan EQ, pengumpulan data dilakukan
melalui tes kognitif, observasi afektif dan psikomotorik, serta angket EQ. PTK dilakukan dalam tiga
siklus dan satu pra-siklus untuk melihat kondisi awal siswa. Tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Kuesioner EQ; (2) Tes
hasil belajar domain kognitif; (3) Observasi hasil belajar domain afektif dan psikomotorik. Hasil PTK
yang telah dilakukan yaitu terjadi peningkatan total persentase dari pra-siklus sampai siklus ketiga, EQ
siswa meningkat 25,7%. Hasil belajar siswa domain kognitif meningkat 52,8%, domain afektif
meningkat 45,0%, dan domain psikomotorik meningkat 50,0%. Oleh karenanya dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran problem posing berbasis karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dan seiring dengan peningkatan EQ siswa.
References
Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., &
Pauweni, K. A. Y. (2022). Pengaruh
Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa. Journal of
Math Tadris, 2(2), 125–140.
https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i2.
Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D.
(2022). Pengaruh Kecerdasan
Emosional Terhadap Hasil Belajar
Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika. Jurnal Ilmiah
Matematika Realistik (JI-MR), 3(2),
–61.
https://doi.org/https://doi.org/10.333
/ji-mr.v3i2.2162
Cai, J., Chen, T., Li, X., Xu, R., Zhang, S., Hu,
Y., Zhang, L., & Song, N. (2020).
Exploring The Impact Of a Problem-
Posing Workshop on Elementary
School Mathematics Teachers’
Conceptions on Problem Posing and
Lesson Design. International Journal
of Educational Research, 102, 101404.
https://doi.org/https://doi.org/10.101
/j.ijer.2019.02.004
Cai, J., & Hwang, S. (2020). Learning to
Teach Through Mathematical Problem
Posing: Theoretical Considerations,
Methodology, and Directions for Future
Research. International Journal of
Educational Research, 102, 101391.
https://doi.org/https://doi.org/10.101
/j.ijer.2019.01.001
Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T.
(2022). Kontribusi Kecerdasan
Emosional Terhadap Motivasi Belajar
Siswa Pada Pembelajaran Matematika.
Plusminus: Jurnal Pendidikan
Matematika, 2(3), 417–428.
https://doi.org/10.31980/plusminus.v
i3.1867
Hajar, S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021).
Analisis Kemampuan Penalaran
Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan
Soal Open-Ended Ditinjau Dari
Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah
Matematika Realistik, 2(2), 32–36.
mr.v2i2.1413
Handayani, D., & Septhiani, S. (2021).
Pengaruh Kecerdasan Emosional
Aspek Kesadaran Diri Terhadap
Prestasi Belajar Matematika. Jurnal
Cendikia: Jurnal Pendidikan
Matematika, 5(2), 1352–1358.
https://doi.org/https://doi.org/10.310
/cendekia.v5i2.585
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023).
Korelasi Motivasi Belajar dan
Pemahaman Matematis terhadap Hasil
Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah
Matematika Realistik (JI-M5), 3(1),
–57.
https://doi.org/https://doi.org/10.333
/jm.v5i1.2552
Huda, N. (2021). Identifying of Emotional
Quotient Junior High School Students
in Mathematics. International Journal
of Evaluation and Research in
Education, 10(1), 202–208.
https://eric.ed.gov/?id=EJ1285798
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-
Model Pembelajaran Matematika (B.
S. Factmawati (ed.)). Bumi Aksara.
https://books.google.co.id/books?id=5
xwmEAAAQBAJ
Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Alfabeta.
Jimenez, E. (2021). Adversity and Emotional
Quotients of Public Elementary School
Heads Amidst the COVID-19.
International Journal of Didactical
Studies, 2(2), 1–10.
https://doi.org/https://doi.org/10.339
/IJODS.2021269755
Kintoko, K., Suprihatiningsih, S., & Harmini,
T. (2023). Mengelola Kecerdasan
Emosional dalam Pembelajaran
Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan,
Sosial, dan Budaya, 9(1), 109.
https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.11
Maftukhah, N. A. (2018). Analisis
Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap
Kemampuan Problem Solving
Matematika Siswa Sekolah Menengah
Pertama. jurnal al-Hikmah, 6(2), 1–10.
http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.p
hp/Al-Hikmah/article/view/62
Malasari, P. N., & Awofala, A. O. A. (2022).
Emotional Quotient and Students’
Mathematical Problem-Solving
Proficiency: A Meta-Analysis.
IndoMath: Indonesia Mathematics
Education, 5(2), 135–144.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3
/indomath.v5i2.30
Prafitriyani, S., Magfirah, I., Amir, N. F.,
Irmawati, A., & Umanailo, M. C. B.
(2019). Influence Of Emotional
Intelligence On Mathematics Learning
Outcomes Of Class VII Middle School 9
Buru Students. International Journal
Of Scientific & Technology Research,
(10), 1490–1494.
https://www.researchgate.net/publica
tion/336878341%0AInfluence
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y.
(2019). Hubungan Antara Gaya Belajar
dan Keaktifan Belajar Matematika
Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan
Matematika, 2(2), 83.
https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021).
Peningkatan Kemampuan Berpikir
Kritis dan Disposisi Matematis Siswa
Antara Guided Inquiry dan Problem
Posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan
Matematika, 1(1), 33–46.
https://doi.org/10.31980/plusminus.v
i1.1024
Salmawati, S. (2022). Pengaruh Kecerdasan
Emosional Terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 2 Wawotobi. Berajah Journal,
(2), 315–320.
https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.95
Septian, A., & Aulia, S. R. (2021).
Peningkatan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Siswa melalui
Pendekatan Problem Posing dengan
Edmodo. Prisma, 10(2), 170.
https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.181
Sulistyaningsih, M., Mangelep, N. O., &
Kaunang, D. F. (2022). Efektivitas
Penggunaan E-Learning Pada
Pembelajaran Matematika Dengan
Pendekatan Problem Posing. Jurnal
Gammath, 7(2), 105–114.
https://doi.org/https://doi.org/10.325
/gammath.v7i2.8547
Swari, I. S. K., Kartono, K., & Walid, W.
(2021). Mathematics Communication
Skill Analysis Seen from Emotional
Quotient on Fast Feedback in Missouri
Mathematics Project Learning. Unnes
Journal of Mathematics Education
Research, 10(A), 48–53.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.
php/ujmer/article/view/34613
Syaiful, S., Kamid, K., Muslim, M., Huda, N.,
Mukminin, A., & Habibi, A. (2020).
Emotional Quotient and Creative
Thinking Skills in Mathematics.
Universal Journal of Educational
Research, USA, 8(2), 499–507.