Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Emotional Quotients dengan Model Problem Posing Berbasis Karakter

Authors

  • Hanung Unggul Prastawa Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Emotional Quotients, Problem Posing Berbasis Karakter

Abstract

Emotional Quotients (EQ) atau kecerdasan emosional yang baik sangat dibutuhkan bagi siswa untuk
menunjang hasil belajar, namun berdasarkan pengamatan secara langsung di salah satu SMA negeri di
kota Semarang, ditemukan beberapa indikasi rendahnya EQ siswa, yaitu kemampuan mengelola emosi
yang belum optimal dan sikap individualis yang berlebihan. Hasil pra-siklus juga menunjukkan
rendahnya EQ yang memiliki pengaruh terhadap hasil belajar domain kognitif, afektif, maupun
psikomotorik. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu proses pembelajaran dengan pendekatan
karakter yang belum menjadi prioritas. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut
yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran problem posing berbasis karakter. Penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
domain kognitif, afektif dan psikomotorik melalui peningkatan EQ, pengumpulan data dilakukan
melalui tes kognitif, observasi afektif dan psikomotorik, serta angket EQ. PTK dilakukan dalam tiga
siklus dan satu pra-siklus untuk melihat kondisi awal siswa. Tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Kuesioner EQ; (2) Tes
hasil belajar domain kognitif; (3) Observasi hasil belajar domain afektif dan psikomotorik. Hasil PTK
yang telah dilakukan yaitu terjadi peningkatan total persentase dari pra-siklus sampai siklus ketiga, EQ
siswa meningkat 25,7%. Hasil belajar siswa domain kognitif meningkat 52,8%, domain afektif
meningkat 45,0%, dan domain psikomotorik meningkat 50,0%. Oleh karenanya dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran problem posing berbasis karakter dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dan seiring dengan peningkatan EQ siswa.

References

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., &

Pauweni, K. A. Y. (2022). Pengaruh

Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa. Journal of

Math Tadris, 2(2), 125–140.

https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i2.

Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D.

(2022). Pengaruh Kecerdasan

Emosional Terhadap Hasil Belajar

Siswa Dalam Pembelajaran

Matematika. Jurnal Ilmiah

Matematika Realistik (JI-MR), 3(2),

–61.

https://doi.org/https://doi.org/10.333

/ji-mr.v3i2.2162

Cai, J., Chen, T., Li, X., Xu, R., Zhang, S., Hu,

Y., Zhang, L., & Song, N. (2020).

Exploring The Impact Of a Problem-

Posing Workshop on Elementary

School Mathematics Teachers’

Conceptions on Problem Posing and

Lesson Design. International Journal

of Educational Research, 102, 101404.

https://doi.org/https://doi.org/10.101

/j.ijer.2019.02.004

Cai, J., & Hwang, S. (2020). Learning to

Teach Through Mathematical Problem

Posing: Theoretical Considerations,

Methodology, and Directions for Future

Research. International Journal of

Educational Research, 102, 101391.

https://doi.org/https://doi.org/10.101

/j.ijer.2019.01.001

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T.

(2022). Kontribusi Kecerdasan

Emosional Terhadap Motivasi Belajar

Siswa Pada Pembelajaran Matematika.

Plusminus: Jurnal Pendidikan

Matematika, 2(3), 417–428.

https://doi.org/10.31980/plusminus.v

i3.1867

Hajar, S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021).

Analisis Kemampuan Penalaran

Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan

Soal Open-Ended Ditinjau Dari

Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah

Matematika Realistik, 2(2), 32–36.

https://doi.org/10.33365/ji-

mr.v2i2.1413

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021).

Pengaruh Kecerdasan Emosional

Aspek Kesadaran Diri Terhadap

Prestasi Belajar Matematika. Jurnal

Cendikia: Jurnal Pendidikan

Matematika, 5(2), 1352–1358.

https://doi.org/https://doi.org/10.310

/cendekia.v5i2.585

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023).

Korelasi Motivasi Belajar dan

Pemahaman Matematis terhadap Hasil

Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah

Matematika Realistik (JI-M5), 3(1),

–57.

https://doi.org/https://doi.org/10.333

/jm.v5i1.2552

Huda, N. (2021). Identifying of Emotional

Quotient Junior High School Students

in Mathematics. International Journal

of Evaluation and Research in

Education, 10(1), 202–208.

https://eric.ed.gov/?id=EJ1285798

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2019). Model-

Model Pembelajaran Matematika (B.

S. Factmawati (ed.)). Bumi Aksara.

https://books.google.co.id/books?id=5

xwmEAAAQBAJ

Jakni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas

(PTK). Alfabeta.

Jimenez, E. (2021). Adversity and Emotional

Quotients of Public Elementary School

Heads Amidst the COVID-19.

International Journal of Didactical

Studies, 2(2), 1–10.

https://doi.org/https://doi.org/10.339

/IJODS.2021269755

Kintoko, K., Suprihatiningsih, S., & Harmini,

T. (2023). Mengelola Kecerdasan

Emosional dalam Pembelajaran

Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan,

Sosial, dan Budaya, 9(1), 109.

https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.11

Maftukhah, N. A. (2018). Analisis

Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap

Kemampuan Problem Solving

Matematika Siswa Sekolah Menengah

Pertama. jurnal al-Hikmah, 6(2), 1–10.

http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.p

hp/Al-Hikmah/article/view/62

Malasari, P. N., & Awofala, A. O. A. (2022).

Emotional Quotient and Students’

Mathematical Problem-Solving

Proficiency: A Meta-Analysis.

IndoMath: Indonesia Mathematics

Education, 5(2), 135–144.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3

/indomath.v5i2.30

Prafitriyani, S., Magfirah, I., Amir, N. F.,

Irmawati, A., & Umanailo, M. C. B.

(2019). Influence Of Emotional

Intelligence On Mathematics Learning

Outcomes Of Class VII Middle School 9

Buru Students. International Journal

Of Scientific & Technology Research,

(10), 1490–1494.

https://www.researchgate.net/publica

tion/336878341%0AInfluence

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y.

(2019). Hubungan Antara Gaya Belajar

dan Keaktifan Belajar Matematika

Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan

Matematika, 2(2), 83.

https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.

Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021).

Peningkatan Kemampuan Berpikir

Kritis dan Disposisi Matematis Siswa

Antara Guided Inquiry dan Problem

Posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan

Matematika, 1(1), 33–46.

https://doi.org/10.31980/plusminus.v

i1.1024

Salmawati, S. (2022). Pengaruh Kecerdasan

Emosional Terhadap Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas VIII SMP

Negeri 2 Wawotobi. Berajah Journal,

(2), 315–320.

https://doi.org/10.47353/bj.v2i2.95

Septian, A., & Aulia, S. R. (2021).

Peningkatan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematis Siswa melalui

Pendekatan Problem Posing dengan

Edmodo. Prisma, 10(2), 170.

https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.181

Sulistyaningsih, M., Mangelep, N. O., &

Kaunang, D. F. (2022). Efektivitas

Penggunaan E-Learning Pada

Pembelajaran Matematika Dengan

Pendekatan Problem Posing. Jurnal

Gammath, 7(2), 105–114.

https://doi.org/https://doi.org/10.325

/gammath.v7i2.8547

Swari, I. S. K., Kartono, K., & Walid, W.

(2021). Mathematics Communication

Skill Analysis Seen from Emotional

Quotient on Fast Feedback in Missouri

Mathematics Project Learning. Unnes

Journal of Mathematics Education

Research, 10(A), 48–53.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.

php/ujmer/article/view/34613

Syaiful, S., Kamid, K., Muslim, M., Huda, N.,

Mukminin, A., & Habibi, A. (2020).

Emotional Quotient and Creative

Thinking Skills in Mathematics.

Universal Journal of Educational

Research, USA, 8(2), 499–507.

https://repository.unja.ac.id/12270/

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Prastawa, H. U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Emotional Quotients dengan Model Problem Posing Berbasis Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1341–1350. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5266

Issue

Section

Prosiding 2023