PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PUISI DENGAN MODEL PBL DAN PENDEKATAN TARL PADA PESERTA DIDIK SMK

Authors

  • Monika Ridho Utami Universitas PGRI Semarang
  • Sri Wahyuni SMK Negeri 2 Semarang
  • Asrofah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

mengidentifikasi, unsur-unsur puisi, model pembelajaran berbasis masalah, , teaching at the right level, peserta didik

Abstract

Capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E untuk kelas X SMA/MA/Program Paket C mencakup kemampuan mengevaluasi informasi dari berbagai jenis teks untuk menemukan makna tersurat dan tersirat, menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan, serta menilai akurasi dan kualitas data. Kelas X AKL 3 SMK Negeri 2 Semarang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran meliputi tanggung jawab, kerja sama, dan kemampuan mengidentifikasi unsur fisik dan batin puisi dengan jelas dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X AKL 3 SMK Negeri 2 Semarang dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi dan kontribusi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap hasil pembelajaran peserta didik, serta mengevaluasi interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan pendekatan TaRL.  Metode dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur puisi melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan TaRL. Penelitian ini terdiri atas prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilakukan secara berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X AKL 3 SMK Negeri 2 Semarang dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi. Peserta didik yang terlibat dalam pembelajaran berbasis masalah menunjukkan peningkatan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok dan presentasi, yang berdampak positif pada pemahaman mereka terhadap materi puisi. Nilai rata-rata peserta didik meningkat dari 88,85 pada siklus I menjadi 90,42 pada siklus II, menunjukkan bahwa model PBL berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur puisi.

References

Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Utami, M. R., & Pristiwati, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Menggunakan Model Investigasi Kelompok Berbantuan Media Audio untuk Siswa SMP. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 24-34.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3).

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Novrianti, R. F., & Astuti, T. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Co-Op Co-Op terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan, 8(1), 29-37.

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470-479.

Redhana, I. W. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran, 46(1).

Hidayat, C. A., Rustono, W. S., & Bakhraeni, R. (2016). Analisis Unsur Intrinsik Puisi Tema Guru Karya Siswa Kelas V SDN 1 Nagarasari. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 24-32. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v3i1.4766

Mamonto, F. M. ., Lensun, S. F. ., & Aror, S. C. (2022). ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL IZANA KARYA DARUMA MATSUURA. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214 - 224. https://doi.org/10.53682/soculijrccsscli.v1i3.2641

Nugraha, R. A. (2019). Membaca Puisi.

Shabrina, A. Pengertian Puisi, Ciri, Jenis, Struktur & Unsur Pembentuknya | Bahasa Indonesia Kelas 8. Ruangguru_. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-puisi-dan-unsur-pembentuk-puisi . Diakses pada 13 Maret 2024.

Nurhayati, N., Mardiana, N., & Rianti, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Bahasa Indonesia guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88-95.

Asrobanni, N., Lestari, H., Rukiyah, S., & Rohmadhawati, D. A. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEKS TANGGAPAN SISWA DI KELAS VII. 3 SMP NEGERI 10 PALEMBANG. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 2(2), 45-54.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Metode, Kaidah Penulisan, dan Publikasi) (1st ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Ridho Utami, M., Wahyuni, S., & Asrofah. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PUISI DENGAN MODEL PBL DAN PENDEKATAN TARL PADA PESERTA DIDIK SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 148–157. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5936

Issue

Section

Bahasa Indonesia