Implementasi PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI

Authors

  • Miftahul Ni’mah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

PBL, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model PBL dengan pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika dan kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-C2 di salah satu
SMA negeri di kota Semarang yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil
tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan pemecahan
masalah matematika dan kuesioner kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang
terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian

ini adalah meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematika dari siklus ke siklus, yaitu rata-
rata nilai siswa secara klasikal minimal 75 dan persentase ketuntasan belajar klasikalnya minimal 75%.

Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan yaitu prasiklus
58.64, siklus 1 72. 34, dan siklus 2 82.46. Kemudian persentasi skor kepercayaan diri siswa mengalami
peningkatan dari siklus ke siklus, minimal 80% dengan rata-rata minimal 80. Sedangkan persentase
kepercayaan diri siswa juga mengalami peningkatan. Persentase skor sebelum tindakan adalah 62%,
siklus 1 74% dan siklus 2 83%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap tahapan pemecahan
masalah dan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa kelas XI-C2.

References

Afrida, A.N., Handayani, S. (2018).

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika

dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XI

Melalui Model ARIAS. PRISMA 1,

-39.

Anggarwati, H., & Alfiandra, A. (2023).

Pembelajaran Berdiferensiasi untuk

Mewujudkan Kebutuhan Belajar

Setiap Peserta Didik di SMPN 33

Palembang. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 5(1), 5572–5575.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.

Aqib, Z. Chotibbudin, M. (2018). Teori dan

Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas.

Yogyakarta: Deepublish.

Damayanti, F. (2023). Pelaksanaan

Pembelajaran Berdiferensiasi di

SMK Negeri 6 Surakarta. Journal of

Research and Development on

Public Policy (Jarvic), 2(3), 126-141.

Eliyah, S., Isnani, & Utami, W. B. (2018).

Keefektifa Model Pembelajaran

Course Review Horay Berbantuan

Power Point. JES-MAT, 4(2), 131140.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I.

(2022). Pembelajaran

Berdiferensiasi dalam Program Guru

Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal

Basicedu, 6(2), 2846–2853.

https://doi.org/10.31004/basicedu.

v6i2.2504

Fitriyanti, Laras, I.S., Khasanah, K., Anita,

I.D., Rahmawati, F. (2021).

Implementasi Metode Collaborative

Learning Dalam Pembelajaran

Statistika Untuk Meningkatkan

Keterampilan 4C (Critical and

Problem Solving Skills,

Collaboration Skills, Communication

Skills, And Creativity and Innovation

Skills) Pada Siswa Kelas XI.

Educational Research in Indonesia

(Edunesia), 2(1), 249-259

Hadi, S., Novaliyosi. 2019. TIMSS

Indonesia (Trends in International

Mathematics and Science Study).

Prosiding Seminar Nasional & Call

For Papers. Diseminarkan di

Universitas Siliwangi, Tasikmalaya,

pada tanggal 19 Januari 2019 (562-

.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha,

Murnihati., Ndruru, N, L.D.M.,

Kalvintinus., & Telaumbanua,

Tatema. (2020). Penerapan Model

Pembelajaran Cooperative Script

untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika, JKPM: Jurnal Kajian

Pendidikan Matematika, 6 (1), 13-

Indrayana, I. G. N. A. (2022). Penggunaan

Langkah Langkah Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar Matematika Siswa

Kelas XI IPA 2 Semester 1 SMA

Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran

/2019.Widyadari: Jurnal

Pendidikan,23(1), 48-58.

Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto, B.,

(2019). Implementasi Model

Problem Based Learning untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematis dan Percaya

Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4

Semarang. PRISMA: Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 2,

-415.

Layali, N.K., Masri. (2020) Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Melalui Model Treffinger di SMA.

Jurnal Pendidikan Matematika

Raflesia, 5(2), 137-144

Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah.

(2020). Pembelajaran berbasis

masalah dalam meningkatkan

kemampuan pemecahan masalah

matematika. JELMaR: Journal of

Education and Learning

Mathematics Research, 1(1), 65-.

Pangestu, R.A., Sutirna. (2021) Analisis

Kepercayaan Diri Siswa Terhadap

Pembelajaran Matematika. MAJU,

(1), 118-125

Qomariyah, N.T., Nasrulloh, M.F.,

Lilawati, E., (2020). Penerapan

Model Problem Based Learning

untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika

pada Materi Sistem Persamaan

Linier Tiga Variabel Bagi Siswa Kelas

X MIA MA-Nizhamiyah Ploso.

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan,

Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(2),

–12.

Rahayu, R. (2016). Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Kepercayaan Diri

Siswa Kelas VIII dalam

Menyelesaikan Masalah Matematika

Pada model PMRI. Refleksi

Edukatika, 5(2).

Sa’adah, Nailis.,Batuleu, M. Y. G., & Arifah,

Nur. (2023). Peningkatan Hasil

Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA

Melalui Model Pembelajaran Based

Learning (PBL) dengan Pendekatan

Berdiferensiasi Berbantuan PhET

Stimulations, Jurnal Lontar Physics

Today, 2(2), 67-78.

Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., &

Purwati, H. (2023). Upaya

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Siswa SMK dengan Pembelajaran

Berbasis Masalah Berbantuan

Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36.

Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto,

A. (2020). Profil Kemampuan

Berpikir Aljabar Dalam

Memecahkan Masalah Matematika

Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif

Siswa SMP. JIPMat, 5(1), 13–2.

Zainal, N. F. Problem Based Learning pada

Pembelajaran Matematika di

Sekolah Dasar/ Madrasah

Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3),

-3593.

doi:10.31004/basicedu.v6i3.2650.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ni’mah, M. (2023). Implementasi PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1379–1388. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5271

Issue

Section

Prosiding 2023