Implementasi PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI
Keywords:
PBL, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kepercayaan DiriAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model PBL dengan pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika dan kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-C2 di salah satu
SMA negeri di kota Semarang yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil
tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan pemecahan
masalah matematika dan kuesioner kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang
terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian
ini adalah meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematika dari siklus ke siklus, yaitu rata-
rata nilai siswa secara klasikal minimal 75 dan persentase ketuntasan belajar klasikalnya minimal 75%.
Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematika mengalami peningkatan yaitu prasiklus
58.64, siklus 1 72. 34, dan siklus 2 82.46. Kemudian persentasi skor kepercayaan diri siswa mengalami
peningkatan dari siklus ke siklus, minimal 80% dengan rata-rata minimal 80. Sedangkan persentase
kepercayaan diri siswa juga mengalami peningkatan. Persentase skor sebelum tindakan adalah 62%,
siklus 1 74% dan siklus 2 83%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap tahapan pemecahan
masalah dan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa kelas XI-C2.
References
Afrida, A.N., Handayani, S. (2018).
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika
dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XI
Melalui Model ARIAS. PRISMA 1,
-39.
Anggarwati, H., & Alfiandra, A. (2023).
Pembelajaran Berdiferensiasi untuk
Mewujudkan Kebutuhan Belajar
Setiap Peserta Didik di SMPN 33
Palembang. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 5(1), 5572–5575.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.
Aqib, Z. Chotibbudin, M. (2018). Teori dan
Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas.
Yogyakarta: Deepublish.
Damayanti, F. (2023). Pelaksanaan
Pembelajaran Berdiferensiasi di
SMK Negeri 6 Surakarta. Journal of
Research and Development on
Public Policy (Jarvic), 2(3), 126-141.
Eliyah, S., Isnani, & Utami, W. B. (2018).
Keefektifa Model Pembelajaran
Course Review Horay Berbantuan
Power Point. JES-MAT, 4(2), 131140.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I.
(2022). Pembelajaran
Berdiferensiasi dalam Program Guru
Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal
Basicedu, 6(2), 2846–2853.
https://doi.org/10.31004/basicedu.
v6i2.2504
Fitriyanti, Laras, I.S., Khasanah, K., Anita,
I.D., Rahmawati, F. (2021).
Implementasi Metode Collaborative
Learning Dalam Pembelajaran
Statistika Untuk Meningkatkan
Keterampilan 4C (Critical and
Problem Solving Skills,
Collaboration Skills, Communication
Skills, And Creativity and Innovation
Skills) Pada Siswa Kelas XI.
Educational Research in Indonesia
(Edunesia), 2(1), 249-259
Hadi, S., Novaliyosi. 2019. TIMSS
Indonesia (Trends in International
Mathematics and Science Study).
Prosiding Seminar Nasional & Call
For Papers. Diseminarkan di
Universitas Siliwangi, Tasikmalaya,
pada tanggal 19 Januari 2019 (562-
.
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha,
Murnihati., Ndruru, N, L.D.M.,
Kalvintinus., & Telaumbanua,
Tatema. (2020). Penerapan Model
Pembelajaran Cooperative Script
untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika, JKPM: Jurnal Kajian
Pendidikan Matematika, 6 (1), 13-
Indrayana, I. G. N. A. (2022). Penggunaan
Langkah Langkah Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Matematika Siswa
Kelas XI IPA 2 Semester 1 SMA
Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran
/2019.Widyadari: Jurnal
Pendidikan,23(1), 48-58.
Jaya, A., Waluyo, S. B., & Siswanto, B.,
(2019). Implementasi Model
Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis dan Percaya
Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4
Semarang. PRISMA: Prosiding
Seminar Nasional Matematika, 2,
-415.
Layali, N.K., Masri. (2020) Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
Melalui Model Treffinger di SMA.
Jurnal Pendidikan Matematika
Raflesia, 5(2), 137-144
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah.
(2020). Pembelajaran berbasis
masalah dalam meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah
matematika. JELMaR: Journal of
Education and Learning
Mathematics Research, 1(1), 65-.
Pangestu, R.A., Sutirna. (2021) Analisis
Kepercayaan Diri Siswa Terhadap
Pembelajaran Matematika. MAJU,
(1), 118-125
Qomariyah, N.T., Nasrulloh, M.F.,
Lilawati, E., (2020). Penerapan
Model Problem Based Learning
untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika
pada Materi Sistem Persamaan
Linier Tiga Variabel Bagi Siswa Kelas
X MIA MA-Nizhamiyah Ploso.
EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan,
Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(2),
–12.
Rahayu, R. (2016). Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Kepercayaan Diri
Siswa Kelas VIII dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika
Pada model PMRI. Refleksi
Edukatika, 5(2).
Sa’adah, Nailis.,Batuleu, M. Y. G., & Arifah,
Nur. (2023). Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA
Melalui Model Pembelajaran Based
Learning (PBL) dengan Pendekatan
Berdiferensiasi Berbantuan PhET
Stimulations, Jurnal Lontar Physics
Today, 2(2), 67-78.
Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., &
Purwati, H. (2023). Upaya
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
Siswa SMK dengan Pembelajaran
Berbasis Masalah Berbantuan
Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36.
Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto,
A. (2020). Profil Kemampuan
Berpikir Aljabar Dalam
Memecahkan Masalah Matematika
Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif
Siswa SMP. JIPMat, 5(1), 13–2.
Zainal, N. F. Problem Based Learning pada
Pembelajaran Matematika di
Sekolah Dasar/ Madrasah
Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3),
-3593.
doi:10.31004/basicedu.v6i3.2650.