Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Syan Risnanda Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Diferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran
matematika. Hasil observasi diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah sebagian siswa masih
kurang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMAN 2
Semarang dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 siswa kelas X-2 tahun ajaran 2023/2024. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Teknik analisis penelitian ini adalah
Teknik analisis deskripsif kualitatif, yaitu suatu model penelitian yang bersifat menggambarkan
kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan
pemecahan masalah siswa. Berdasarkan penelitian tindakan kelas tersebut menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi
dengan model PBL. Hal tersebut dapat dilihat melaui: (1) indikator memahami masalah mengalami
kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklus. Pra siklus 7,7, menjadi 9,03 pada siklus 1 dan naik
menjadi 9,58 pada siklus 2. Indikator Merencanakan penyelesaian masalah mengalami
kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklusnya, dari pra siklus 4,16 menjadi 7,99 pada siklus 1
dan naik menjadi 8,33 pada siklus 2. Indikator melaksanakan rencana mengalami kenaikan
rata-rata skor untuk setiap siklusnya, dari pra siklus 8,8 menjadi 14,1 pada siklus 1 dan naik
menjadi 15,06 pada siklus 2. Indikator Pengecekan terhadap jawaban mengalami kenaikan
rata-rata skor untuk setiap siklusnya, dari pra siklus 4,4 menjadi 5,07 pada siklus 1 dan naik
menjadi 6,25 pada siklus 2. (2) Persentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 sebelum
tindakan sebesar 33%, pada akhir siklus meningkat menjadi 81%. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL mampu
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa

References

Arisandi, S. (2022). Penggunaan Media

Pembelajaran Liveworksheets Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Kimia

Pada Materi Konsep Mol. 2(3).

Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A.

(2019). Analisis Kemampuan Literasi

Matematika ditinjau dari Gaya Belajar

Siswa SMA. Suska Journal of

Mathematics Education, 5(2), 95.

https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8

Hutajulu, M., Wijaya, T. T., & Hidayat, W.

(2019). The Effect Of Mathematical

Disposition And Learning Motivation

On Problem Solving: An Analysis.

Infinity Journal, 8(2), 229–238.

https://doi.org/10.22460/infinity.v8i

p229-238

Fajri, H.M, & Kesumawati, N. (2021). K R E

A N O Mathematical Problem Solving

Ability of SMP 1 Kelekar Students

Analized Based on Student Learning

Motivation.

http://journal.unnes.ac.id/nju/index.

php/kreano

Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M.

(2019). Analisis Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis Siswa

dalam Menyelesaikan Soal Open-

Ended pada Materi Lingkaran

Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel,

(1), 16.

https://doi.org/10.26737/var.v2i1.10

Setiani, C., Waluya, S. B., & Wardono.

(2018). Analysis of mathematical

literacy ability based on self-efficacy in

model eliciting activities using

metaphorical thinking approach.

Journal of Physics: Conference

Series, 983(1).

https://doi.org/10.1088/1742-

/983/1/012139

Siburian, R., Simanjuntak, S. D.,

Simorangkir, F. M., Kunci

Pembelajaran Diferensiasi, K., &

Pemecahan Masalah, K. (2019).

Penerapan Pembelajaran Diferensiasi

dalam Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika

Siswa pada Pembelajaran Daring.

Jurnal Riset Pendidikan Matematika,

(2), 1–3.

https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.0

Sitorus, S. (2021). PENELITIAN

TINDAKAN KELAS BERBASIS

KOLABORASI (Analisis Prosedur,

Implementasi dan Penulisan

Laporan) Syahrul Sitorus (Vol. 01,

Issue 03).

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri

(Self Efficacy) terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika.

Jurnal Konseling Dan Pendidikan,

(1), 39.

https://doi.org/10.29210/118800

Tomlinson, C. . (2001). How to

differentiate instruction in mixed-

ability classrooms (2nd ed.). .

Association for Supervision and

Curriculum Development.

Wardono, & Mariani, S. (2019). Problem

Based Learning with Indonesian

realistic mathematics education

approach assisted e-schoology to

improve student mathematization.

Journal of Physics: Conference

Series, 1321(3).

https://doi.org/10.1088/1742-

/1321/3/032094

Yilmaz, F. G. K. (2022). Utilizing Learning

Analytics to Support Students’

Academic Self-efficacy and Problem-

Solving Skills. Asia-Pacific Education

Researcher, 31(2), 175–191.

https://doi.org/10.1007/s40299-

-00548-4

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Risnanda, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1412–1420. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5274

Issue

Section

Prosiding 2023