Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Keywords:
Diferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based LearningAbstract
Kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran
matematika. Hasil observasi diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah sebagian siswa masih
kurang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMAN 2
Semarang dengan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 siswa kelas X-2 tahun ajaran 2023/2024. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Teknik analisis penelitian ini adalah
Teknik analisis deskripsif kualitatif, yaitu suatu model penelitian yang bersifat menggambarkan
kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan
pemecahan masalah siswa. Berdasarkan penelitian tindakan kelas tersebut menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi
dengan model PBL. Hal tersebut dapat dilihat melaui: (1) indikator memahami masalah mengalami
kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklus. Pra siklus 7,7, menjadi 9,03 pada siklus 1 dan naik
menjadi 9,58 pada siklus 2. Indikator Merencanakan penyelesaian masalah mengalami
kenaikan rata-rata skor untuk setiap siklusnya, dari pra siklus 4,16 menjadi 7,99 pada siklus 1
dan naik menjadi 8,33 pada siklus 2. Indikator melaksanakan rencana mengalami kenaikan
rata-rata skor untuk setiap siklusnya, dari pra siklus 8,8 menjadi 14,1 pada siklus 1 dan naik
menjadi 15,06 pada siklus 2. Indikator Pengecekan terhadap jawaban mengalami kenaikan
rata-rata skor untuk setiap siklusnya, dari pra siklus 4,4 menjadi 5,07 pada siklus 1 dan naik
menjadi 6,25 pada siklus 2. (2) Persentase ketuntasan siswa mencapai KKM 75 sebelum
tindakan sebesar 33%, pada akhir siklus meningkat menjadi 81%. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model PBL mampu
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa
References
Arisandi, S. (2022). Penggunaan Media
Pembelajaran Liveworksheets Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Kimia
Pada Materi Konsep Mol. 2(3).
Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A.
(2019). Analisis Kemampuan Literasi
Matematika ditinjau dari Gaya Belajar
Siswa SMA. Suska Journal of
Mathematics Education, 5(2), 95.
https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8
Hutajulu, M., Wijaya, T. T., & Hidayat, W.
(2019). The Effect Of Mathematical
Disposition And Learning Motivation
On Problem Solving: An Analysis.
Infinity Journal, 8(2), 229–238.
https://doi.org/10.22460/infinity.v8i
p229-238
Fajri, H.M, & Kesumawati, N. (2021). K R E
A N O Mathematical Problem Solving
Ability of SMP 1 Kelekar Students
Analized Based on Student Learning
Motivation.
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.
php/kreano
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M.
(2019). Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa
dalam Menyelesaikan Soal Open-
Ended pada Materi Lingkaran
Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel,
(1), 16.
https://doi.org/10.26737/var.v2i1.10
Setiani, C., Waluya, S. B., & Wardono.
(2018). Analysis of mathematical
literacy ability based on self-efficacy in
model eliciting activities using
metaphorical thinking approach.
Journal of Physics: Conference
Series, 983(1).
/983/1/012139
Siburian, R., Simanjuntak, S. D.,
Simorangkir, F. M., Kunci
Pembelajaran Diferensiasi, K., &
Pemecahan Masalah, K. (2019).
Penerapan Pembelajaran Diferensiasi
dalam Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika
Siswa pada Pembelajaran Daring.
Jurnal Riset Pendidikan Matematika,
(2), 1–3.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.0
Sitorus, S. (2021). PENELITIAN
TINDAKAN KELAS BERBASIS
KOLABORASI (Analisis Prosedur,
Implementasi dan Penulisan
Laporan) Syahrul Sitorus (Vol. 01,
Issue 03).
Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri
(Self Efficacy) terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika.
Jurnal Konseling Dan Pendidikan,
(1), 39.
https://doi.org/10.29210/118800
Tomlinson, C. . (2001). How to
differentiate instruction in mixed-
ability classrooms (2nd ed.). .
Association for Supervision and
Curriculum Development.
Wardono, & Mariani, S. (2019). Problem
Based Learning with Indonesian
realistic mathematics education
approach assisted e-schoology to
improve student mathematization.
Journal of Physics: Conference
Series, 1321(3).
/1321/3/032094
Yilmaz, F. G. K. (2022). Utilizing Learning
Analytics to Support Students’
Academic Self-efficacy and Problem-
Solving Skills. Asia-Pacific Education
Researcher, 31(2), 175–191.
https://doi.org/10.1007/s40299-
-00548-4