Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan PBL dan TaRL Siswa Kelas X-8 SMAN 2 Semarang
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, PBL, TaRL, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X-8 di SMA Negeri 2 Semarang melalui penerapan kombinasi metode Problem Based Learning (PBL) dan Teaching at the Right Level (TaRL). Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, yang ditunjukkan oleh hasil tes awal dengan nilai rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum dan ketuntasan belajar yang rendah. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang melibatkan dua siklus, dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui pre-test, tes akhir siklus, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada pra-siklus, rata-rata nilai siswa adalah 42 dengan ketuntasan belajar 33%, yang meningkat menjadi 50 dengan ketuntasan 58% pada siklus I dan mencapai 69 dengan ketuntasan 75% pada siklus II. Indikator kemampuan pemecahan masalah, seperti memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan meninjau kembali hasil, juga menunjukkan peningkatan. Evaluasi efektivitas penerapan PBL dan TaRL menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa, kualitas diskusi kelas, dan penerapan strategi pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan kombinasi PBL dan TaRL efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, meskipun masih terdapat beberapa area yang perlu perbaikan lebih lanjut.
References
Adkhiyah, A., Yuhana, Y., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 106. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7144
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. https://febriliaanjarsari.wordpress.com/2013/01/21/metode-pembelajaran-matematika-inovatif/
Hendriani, M., Jamaris, J., & Marsyidin, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Persepsi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 361–371. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/indexDOI:https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2
Istiqomah, N., Aunurrofiq, M., & Winarti, E. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI F-6 SMAN 12 Semarang Melalui Model PBL dengan Pendekatan TaRL Berbantuan Teachmint. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Universitas Negeri Semarang, 1062–1070.
Lakhsman, S. (2019). Improving reading and arithmetic outcomes at scale: Teaching at the Right Level (TaRL), Pratham’s approach to teaching and learning. *Revue internationale d’éducation de Sèvres* [Online]. Retrieved July 1, 2024, from http://journals.openedition.org/ries/7470; DOI: https://doi.org/10.4000/ries.7470
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269
Maulyda, M. A. (2020). PARADIGMA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS NCTM (Issue January).
Sam, H. N., & Qohar, A. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah - Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 156. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.5188