PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PELUANG KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN
Keywords:
Pemecahan masalah, Problem Based Learning (PBL), Video PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA N 8 Semarang yang masih kurang, hal tersebut ditunjukkan oleh siswa yang kesusahan dalam memahami soal yang diberikan dan belum mampu untuk menentukan solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu video pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 siswa yaitu siswa dari kelas XI.9 SMA N 8 Semarang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian memperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus 1 sebesar 70 dan meningkat menjadi 78 pada siklus II. Persentase siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah sebesar 51% dari siklus I dan persentase ketuntasan sebesar 83% pada siklus II.
References
Arikunto, S. (2019) Penelitian Tindakan Kelas. Ketiga. Edited by Suryani. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Farisi, A., Hamid, A. and Melvina (2017) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), pp. 283–287.
Fitriyanti, F., F, F. and Zikri, A. (2020) ‘Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Melalui Model PBL di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 4(2), pp. 491–497. doi: 10.31004/basicedu.v4i2.376.
Indarwati, D., Wahyudi, W. and Ratu, N. (2014) ‘Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd’, Satya Widya, 30(1), p. 17. doi: 10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27.
Jacub, T. A. et al. (2020) ‘Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli)’, Tolis Ilmiah Jurnal Penelitian, 2(2), pp. 140–148.
Kemendikbud (2017) ‘Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMA/MA/SMK/MAK’, pp. 110–115.
Khalid, M. et al. (2020) ‘Enhancing creativity and problem solving skills through creative problem solving in teaching mathematics’, Creativity Studies, 13(2), pp. 270–291. doi: 10.3846/cs.2020.11027.
Kwok, A. (2021) ‘Managing classroom management preparation in teacher education’, Teachers and Teaching: Theory and Practice, 27(1–4), pp. 206–222. doi: 10.1080/13540602.2021.1933933.
Partayasa, W. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah ditinjau dari Minat’, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), p. 168. doi: 10.33603/jnpm.v4i1.2644.
Petrus Nekong (2023) ‘Penerapan Model PBL Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Materi Keberagaman Kelas XII SMKN 1 Delang Kabupaten Lamandau’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 4(2), pp. 1092–1108. doi: 10.55606/semnaspa.v4i2.1350.
Pratiwi, G. I. (2022) Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Berbantu Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi SPLTV Kelas X MA Shofa Marwa. UIN Walisongo Semarang.
Purbayanti, H. S., Ponoharjo, P. and Oktaviani, D. N. (2020) ‘Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19’, JIPMat, 5(2), pp. 165–172. doi: 10.26877/jipmat.v5i2.6693.
Saputra, H. (2020) ‘Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer’, Pembelajaran berbasis masalah (problem Based Learning), (April), p. 262. Available at: http://repository.uin-malang.ac.id/4643/.
Suprijono, A. (2010) ‘Cooperative Learning Teori dan Aplikasi’, Kumpulan Metode Pembelajaran, pp. 41–79. Available at: http://history22education.wordpress.com-bloghistoryeducation.
Syafiq, A. (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu Media Geogebra terhadap Kemampuan Represenetasi Matematis Pada Materi SPLDV siswa kelas VIII MTs NU Hasysim Asy’ari 02 Kudus, UIN Walisongo Semarang. UIN Walisosongo Semarang. Available at: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders.
Yusri, A. Y. (2018) ‘K EMAMPUAN P EMECAHAN M ASALAH M ATEMATIS S ISWA MELALUI M ODEL P EMBELAJARAN L EARNING C YCLE 7E DAN P ROBLEM B ASED L EARNING Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika kegiatan pembelajaran yang menarik adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa . pemb’, Jurnal Mosharafa, 7(September), pp. 425–432.