Penerapan Model PBL dengan Pendekatan TaRL Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK
Keywords:
Teaching at the Right Level, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, GeoGebraAbstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui
penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL berbantuan GeoGebra. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII KGS 3 SMK Negeri 7 Semarang
tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tahap prasiklus, siklus 1
dan siklus 2, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.
Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu 75% siswa mencapai 76 dan rata-rata kelas mencapai 76.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL berbantuan
GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap akhir siklus.
Pada tahap pra siklus, hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu rata-rata kelas 62,22
dengan persentase ketuntasan klasikal 41,67 %. Kemampuan pemecahan masalah pada siklus I
menunjukkan rata-rata sebesar 73,89 dengan persentase ketuntasan klasikal 65,71% . Kemampuan
pemecahan masalah pada siklus II menunjukkan rata-rata 78,05 dengan persentasi ketuntasan klasikal
77,78%. Penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa.
References
Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Bermuatan Higher-Order
Thinking Skills ditinjau dari Gaya
Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal
Program Studi Pendidikan
Matematika, 10(3), 1564–1578.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3
.3743
Anjani, I. T., Susilaningtyas, T., &
Mahmudah, M. (2023). Penerapan
Problem Based Learning Berbantuan
Animaker untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Pokok Bahasan Statistika. SIGMA,
(1), 9–16.
As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati,
J. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dengan Pendekatan
Teaching at the Right Level (TaRL)
dalam Meningkatkan Hasil Belajar
kognitif Siswa kelas X pada Materi
Inovasi Teknologi Biologi SMA.
EduInovasi: Journal of Basic
Educational Studies, 4(1), 76–85.
https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4
Fariroh, A., & Anggraito, Y. U. (2015).
Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berbasis Problem
Based Learning pada Materi Virus
Kelas X SMA. Journal of Biology
Education, 4(2).
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M.
(2020). Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika
Terintegrasi Keterampilan Abad 21
Melalui Penerapan Model Problem
Based Learning (PBL). Jurnal
Gantang, 5(1), 77–85.
https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.160
Hidayat, A. F. (2020). Representasi Siswa
Visual, Auditori dan Kinestetik dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika.
PHI: Jurnal Pendidikan
Matematika, 4(2), 74–84.
https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.1
Isti’anah, A., & Setiadi, Y. (2023).
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik melalui Pendekatan Teaching
at the Right Level Model Problem
Based Learning Berbantuan LKPD
pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas
X-4 di SMA Negeri 74 Jakarta.
Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 8(2), 1178–1191.
Kiptiyah, S. M. (2016). Model PBL Berbasis
Etnomatematika Berbantuan ICT
untuk Meningkatkan Pemecahan
Masalah Siswa Kelas VII Materi
Bangun Datar. PRISMA, Prosiding
Seminar Nasional Matematika, 170–
Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis
Kemampuan Representasi Matematis
Siswa SMK Ditinjau dari Gaya
Belajar. Journal of Instructional
Mathematics, 1(2), 53–59.
https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.3
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., &
Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan
Hasil Belajar Melalui Pendekatan
Tarl Model PBL Dalam Matematika
Kelas V SDN Bendan Ngisor.
Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin,
(6).
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan
Penelitian Tindakan Kelas Bagi
Guru? Indonesian Journal of Action
Research, 1(2), 315–327.
https://doi.org/10.14421/ijar.2022.1
-21
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta,
F., & Zulfikar, M. R. (2021).
Pentingnya Keterampilan Belajar di
Abad 21 sebagai Tuntutan dalam
Pengembangan Sumber Daya
Manusia. Lectura : Jurnal
Pendidikan, 12(1), 29–40.
https://doi.org/10.31849/lectura.v12
i1.5813
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z.,
Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi,
M. P. (2019). Pemanfaatan Video
Pembelajaran Berbasis Geogebra
untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis
Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan
Matematika, 6(1), 87–98.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.1
Nurjanah, H., & Jusniani, N. (2020).
Peningkatan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
Siswa dengan Menggunakan Model
Brain Based Learning. Journal of
Authentic Research on Mathematics
Education (JARME), 2(1), 89–95.
Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022).
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
sebagai Solusi Alternatif
Problematika Pembelajaran dengan
Berbasis Kearifan Lokal dan
Penulisan Artikel Ilmiah sesuai
dengan Kurikulum Tahun 2013 di
Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah
Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 8(1), 121–128.
https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.6
Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N.
(2021). Deskripsi Pembelajaran
Matematika Berbantuan Video
Geogebra dan Pemahaman
Matematis Siswa pada Materi Fungsi
Kuadrat. Mosharafa: Jurnal
Pendidikan Matematika, 10(2), 269–
Sari, A. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta
Analisis Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar
Matematika. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1–8.
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.
Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., &
Setiawan, W. (2019). Pengaruh
Pembelajaran Berbantuan Geogebra
terhadap Peningkatan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematik
Siswa SMP. Journal on Education,
(3), 411–416.
Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., &
Purwati, H. (2023). Upaya
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
Siswa SMK dengan Pembelajaran
Berbasis Masalah Berbantuan
Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36.
Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2018).
Penerapan Model Pembelajaran
Kontekstual untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Profesi Guru,
(2), 164–173.
https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S.
(2020). Real Mathematics Education
(Rme) Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Dan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika Siswa Sekolah
Dasar. PeTeKa, 3(1), 26–33.
Sitorus, F. D. Y., Lubis, R. D., &
Simanjuntak, E. (2022). Peningkatan
Kemampuan Pemecahan Masalah
Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah
Berbantuan Geogebra pada Peserta
Didik. Paradikma: Jurnal
Pendidikan Matematika, 15(2), 148–
Situmorang, A. S. (2019). Perbedaan
Pendekatan Pembelajaran Berbasis
Masalah Berbantuan Software
dengan Pendekatan Open Ended
Berbantuan Software terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis. Sepren, Journal of
Mathematics and Applied, 1(01), 1–6.
https://doi.org/10.36655/sepren.v1i
75
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis Siswa melalui
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Mosharafa: Jurnal Pendidikan
Matematika, 5(2), 148–158.
Suputra, K. Y., Sujana, I. W., & Darmawati,
I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model
Problem Based Learning Berbantuan
Geogebra Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika. Journal of
Education Action Research, 5(3),
–431.
Turhusna, D., & Solatun, S. (2020).
Perbedaan Individu dalam Proses
Pembelajaran. AS-SABIQUN, 2(1),
–42.
https://doi.org/10.36088/assabiqun
.v2i1.613
Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M.
(2019). Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
ditinjau dari Gaya Belajar Siswa.
Jurnal Pembelajaran Berpikir
Matematika, 4(1), 67–76.
Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A.
(2020). Profil Kemampuan Berpikir
Aljabar Dalam Memecahkan Masalah
Matematika Ditinjau dari Gaya
Kognitif Reflektif Siswa SMP.
JIPMat, 5(1), 13–24.
https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i
5502
Virtanen, J., & Rasi, P. (2016). Integrating
Web 2.0 Technologies into Face-to-
Face PBL to Support Producing,
Storing, and Sharing Content in a
Higher Education Course.
Interdisciplinary Journal of
Problem-Based Learning, 11(1), n1.