Penerapan Model PBL dengan Pendekatan TaRL Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK

Authors

  • Suci Meidhita Widiastuti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Teaching at the Right Level, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, GeoGebra

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui
penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL berbantuan GeoGebra. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII KGS 3 SMK Negeri 7 Semarang
tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tahap prasiklus, siklus 1
dan siklus 2, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi.
Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu 75% siswa mencapai 76 dan rata-rata kelas mencapai 76.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL berbantuan
GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada setiap akhir siklus.
Pada tahap pra siklus, hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu rata-rata kelas 62,22
dengan persentase ketuntasan klasikal 41,67 %. Kemampuan pemecahan masalah pada siklus I
menunjukkan rata-rata sebesar 73,89 dengan persentase ketuntasan klasikal 65,71% . Kemampuan
pemecahan masalah pada siklus II menunjukkan rata-rata 78,05 dengan persentasi ketuntasan klasikal
77,78%. Penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah siswa.

References

Amalia, R. Z., & Hadi, W. (2021). Analisis

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Bermuatan Higher-Order

Thinking Skills ditinjau dari Gaya

Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal

Program Studi Pendidikan

Matematika, 10(3), 1564–1578.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3

.3743

Anjani, I. T., Susilaningtyas, T., &

Mahmudah, M. (2023). Penerapan

Problem Based Learning Berbantuan

Animaker untuk Meningkatkan

Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Pokok Bahasan Statistika. SIGMA,

(1), 9–16.

As’ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati,

J. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) dengan Pendekatan

Teaching at the Right Level (TaRL)

dalam Meningkatkan Hasil Belajar

kognitif Siswa kelas X pada Materi

Inovasi Teknologi Biologi SMA.

EduInovasi: Journal of Basic

Educational Studies, 4(1), 76–85.

https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4

Fariroh, A., & Anggraito, Y. U. (2015).

Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis Problem

Based Learning pada Materi Virus

Kelas X SMA. Journal of Biology

Education, 4(2).

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M.

(2020). Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Matematika

Terintegrasi Keterampilan Abad 21

Melalui Penerapan Model Problem

Based Learning (PBL). Jurnal

Gantang, 5(1), 77–85.

https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.160

Hidayat, A. F. (2020). Representasi Siswa

Visual, Auditori dan Kinestetik dalam

Menyelesaikan Masalah Matematika.

PHI: Jurnal Pendidikan

Matematika, 4(2), 74–84.

https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.1

Isti’anah, A., & Setiadi, Y. (2023).

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta

Didik melalui Pendekatan Teaching

at the Right Level Model Problem

Based Learning Berbantuan LKPD

pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas

X-4 di SMA Negeri 74 Jakarta.

Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Dasar, 8(2), 1178–1191.

Kiptiyah, S. M. (2016). Model PBL Berbasis

Etnomatematika Berbantuan ICT

untuk Meningkatkan Pemecahan

Masalah Siswa Kelas VII Materi

Bangun Datar. PRISMA, Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 170–

Komala, E., & Afrida, A. M. (2020). Analisis

Kemampuan Representasi Matematis

Siswa SMK Ditinjau dari Gaya

Belajar. Journal of Instructional

Mathematics, 1(2), 53–59.

https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.3

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., &

Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan

Hasil Belajar Melalui Pendekatan

Tarl Model PBL Dalam Matematika

Kelas V SDN Bendan Ngisor.

Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin,

(6).

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan

Penelitian Tindakan Kelas Bagi

Guru? Indonesian Journal of Action

Research, 1(2), 315–327.

https://doi.org/10.14421/ijar.2022.1

-21

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta,

F., & Zulfikar, M. R. (2021).

Pentingnya Keterampilan Belajar di

Abad 21 sebagai Tuntutan dalam

Pengembangan Sumber Daya

Manusia. Lectura : Jurnal

Pendidikan, 12(1), 29–40.

https://doi.org/10.31849/lectura.v12

i1.5813

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z.,

Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi,

M. P. (2019). Pemanfaatan Video

Pembelajaran Berbasis Geogebra

untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemahaman Konsep Matematis

Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan

Matematika, 6(1), 87–98.

https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.1

Nurjanah, H., & Jusniani, N. (2020).

Peningkatan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Siswa dengan Menggunakan Model

Brain Based Learning. Journal of

Authentic Research on Mathematics

Education (JARME), 2(1), 89–95.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022).

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

sebagai Solusi Alternatif

Problematika Pembelajaran dengan

Berbasis Kearifan Lokal dan

Penulisan Artikel Ilmiah sesuai

dengan Kurikulum Tahun 2013 di

Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah

Medan. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 8(1), 121–128.

https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.6

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N.

(2021). Deskripsi Pembelajaran

Matematika Berbantuan Video

Geogebra dan Pemahaman

Matematis Siswa pada Materi Fungsi

Kuadrat. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 10(2), 269–

Sari, A. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta

Analisis Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Terhadap Hasil Belajar

Matematika. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1–8.

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., &

Setiawan, W. (2019). Pengaruh

Pembelajaran Berbantuan Geogebra

terhadap Peningkatan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematik

Siswa SMP. Journal on Education,

(3), 411–416.

Sari, R. K., Goretty, M., Ariyanto, L., &

Purwati, H. (2023). Upaya

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Siswa SMK dengan Pembelajaran

Berbasis Masalah Berbantuan

Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36.

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2018).

Penerapan Model Pembelajaran

Kontekstual untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Profesi Guru,

(2), 164–173.

https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.

Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S.

(2020). Real Mathematics Education

(Rme) Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Dan Kemampuan Pemecahan

Masalah Matematika Siswa Sekolah

Dasar. PeTeKa, 3(1), 26–33.

Sitorus, F. D. Y., Lubis, R. D., &

Simanjuntak, E. (2022). Peningkatan

Kemampuan Pemecahan Masalah

Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Berbasis Masalah

Berbantuan Geogebra pada Peserta

Didik. Paradikma: Jurnal

Pendidikan Matematika, 15(2), 148–

Situmorang, A. S. (2019). Perbedaan

Pendekatan Pembelajaran Berbasis

Masalah Berbantuan Software

dengan Pendekatan Open Ended

Berbantuan Software terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis. Sepren, Journal of

Mathematics and Applied, 1(01), 1–6.

https://doi.org/10.36655/sepren.v1i

75

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis Siswa melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 5(2), 148–158.

Suputra, K. Y., Sujana, I. W., & Darmawati,

I. G. A. P. S. (2021). Penerapan Model

Problem Based Learning Berbantuan

Geogebra Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika. Journal of

Education Action Research, 5(3),

–431.

Turhusna, D., & Solatun, S. (2020).

Perbedaan Individu dalam Proses

Pembelajaran. AS-SABIQUN, 2(1),

–42.

https://doi.org/10.36088/assabiqun

.v2i1.613

Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M.

(2019). Analisis Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

ditinjau dari Gaya Belajar Siswa.

Jurnal Pembelajaran Berpikir

Matematika, 4(1), 67–76.

Utami, R. E., Ekawati, C., & Handayanto, A.

(2020). Profil Kemampuan Berpikir

Aljabar Dalam Memecahkan Masalah

Matematika Ditinjau dari Gaya

Kognitif Reflektif Siswa SMP.

JIPMat, 5(1), 13–24.

https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i

5502

Virtanen, J., & Rasi, P. (2016). Integrating

Web 2.0 Technologies into Face-to-

Face PBL to Support Producing,

Storing, and Sharing Content in a

Higher Education Course.

Interdisciplinary Journal of

Problem-Based Learning, 11(1), n1.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Widiastuti, S. M. (2023). Penerapan Model PBL dengan Pendekatan TaRL Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1577–1588. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5294

Issue

Section

Prosiding 2023