Pendekatan TARL Model PBL dengan Corrective Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI
Keywords:
TaRL, PBL, Corrective Feedback, Kemampuan Representasi MatematisAbstract
Hasil observasi dan tes awal kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI pada materi
matriks di SMK Negeri 7 Semarang masih belum optimal. Hal ini diperkuat dari hasil tes awal
kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi matriks diperoleh hasil bahwa 67%
peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dengan pendekatan TaRL pada model
pembelajaran PBL yang disertai pemberian corrective feedback diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas
dengan peserta didik kelas XI TME 3 SMK Negeri 7 Semarang tahun 2023/2024 sebagai subjek
penelitian yaitu sejumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus, dengan 1 sampai
2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Tiap pertemuan dilaksanakan dalam 4 tahapan antara lain
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan
TaRL model PBL dengan corrective feedback dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis
peserta didik. Rata-rata nilai kemampuan representasi matematis peserta didik meningkat dari siklus
ke siklus. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis pada siklus 1 adalah 58,3, siklus 2
meningkat menjadi 75 dan siklus 3 meningkat lagi menjadi 82,38. Selain itu, terdapat peningkatan
dalam ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dari siklus 1 sampai siklus 3. Ketuntasan belajar
peserta didik secara klasikal pada siklus 1 sebesar 41,67% sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi
72,22% dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 88,88%.
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A.
(2022). Implementasi Model
Pembelajaran TaRL dalam
Meningkatan Kemampuan Literasi
Dasar Membaca Peserta Didik di
Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP -
Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11),
–5246.
Apriani, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap
kemampuan Koneksi Matematis
Peserta didik. Nabala Dewantara:
Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1),
–24.
Bada, S. S., & Andriyani. (2022).
Implementation of Problem Based
Learning Model with Scientific
Approach in Improving Problem
Solving Ability and Learning
Motivation Material Opportunity for
class XII SMA. Jurnal Multidisiplin
Madani, 2(7), 3151–3172.
Farkhana, N. N., & Firmansyah, D. (2020).
Analisis kemampuan representasi
matematis siswa SMA pada materi
matriks. Prosiding
Sesiomadika, 2(1d).
Jenita, G., Sudaryati, S., & Ambarwati, L.
(2017). Upaya meningkatkan
kemampuan representasi matematis
melalui penerapan model Problem
Based Learning (PBL) siswa kelas X
MIA 1 di SMAN 4 Bekasi. Jurnal
Riset Pembelajaran Matematika
Sekolah, 1(1), 11-18.
Juhrani, J., Suyitno, H., & Khumaedi, K.
Analisis Kemampuan
Komunikasi Matematis Berdasarkan
Self-Efficacy Siswa pada Model
Pembelajaran Mea. Unnes Journal of
Mathematics Education
Research, 6(2), 251-258.
Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020).
National Council of Teachers of
Mathematics. Teaching Children
Mathematics.
Mathematics, N. C. of T. of. (2000).
Principle and Standars for School
Mathematics (Vol. 21, Issue 1).
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018).
Efektivitas Problem Based Learning
Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir
Kritis Dan Representasi Matematis.
Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran
Matematika, 11(2).
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and
Analytical Framework. In OECD
Report. Permendikbud. (2014).
Permendikbud 79 Tahun 2014.
Permendikbud 79 Tahun 2014
Tentang Muatan Lokal K13.
Samad, I., Ahmad, H., & F. (2020). The
Ability to Improve Mathematical
Representation Through Media From
Lipa’ Sa’be Mandar. Jurnal Sainsmat,
(1), 57–70.
Sari, N. Y., Indiati, I., & Endahwuri, D.
(2020). Analisis Kemampuan
Berpikir Kritis Matematika Peserta
didik ditinjau dari Pemahaman
Konseptual dan Pengetahuan
Prosedural. Imajiner: Jurnal
Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 2(6), 467– 472.
Sari, P. S., Prihatiningtyas, N. C., & Utami,
C. (2020). Analisis Kemampuan
Model Pemberlajaran Problem Based
Learning (PBL) dengan Berbantu
GEOGEBRA untuk Meningkatkan
Kemampuan Represntasi Matematis
Peserta didik SMK. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
Matematika, 4(2), 70– 77.
Susilawati, S., Chandra, T. D., & Abadyo, A.
(2019). Kemampuan Representasi
Matematis Peserta didik Kelas XI
melalui Penerapan Model Problem
Based Learning. Jurnal Pendidikan:
Teori, Penelitian, Dan
Pengembangan, 4(9), 1268–1275.
Ulfa, F. M., Asikin, M., & Dwidayati, N. K.
(2019). Membangun Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematis Peserta
didik dengan Pembelajaran PjBL
terintegrasi Pendekatan STEM.
Prosiding Seminar, 4(2), 612–617.
Wahida, F., & Andriyani. (2022).
Effectiveness of Problem Based
Learning Model in Improving
Mathematical Connection Ability and
Active Learning Opportunity
Material. Formosa Journal of
Sustainable Research, 1(2), 97–116.
Wasiran, Y. (2017). Pengaruh corrective
feedback terhadap hasil belajar
matematika ditinjau dari self-eficacy
siswa setelah mengontrol
kemampuan awal
matematika. Wahana Didaktika:
Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(1).
Widarti, S., Yunarti, T., & Asnawati, R.
(2014). Penerapan Model Pbl Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Representasi Matematis Peserta
didik. Jurnal Pendidikan Matematika
Unila, 2(4).
Zhe, L. (2012). Survey of Primary Students’
Mathematical Representation Status
and Study on the Teaching Model of
Mathematical Representation.
Journal of Mathematics Education,
(1), 63–76.