Pendekatan TARL Model PBL dengan Corrective Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI

Authors

  • Ana Risdianti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

TaRL, PBL, Corrective Feedback, Kemampuan Representasi Matematis

Abstract

Hasil observasi dan tes awal kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI pada materi
matriks di SMK Negeri 7 Semarang masih belum optimal. Hal ini diperkuat dari hasil tes awal
kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi matriks diperoleh hasil bahwa 67%
peserta didik belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dengan pendekatan TaRL pada model
pembelajaran PBL yang disertai pemberian corrective feedback diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas
dengan peserta didik kelas XI TME 3 SMK Negeri 7 Semarang tahun 2023/2024 sebagai subjek
penelitian yaitu sejumlah 36 peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus, dengan 1 sampai
2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Tiap pertemuan dilaksanakan dalam 4 tahapan antara lain
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan
TaRL model PBL dengan corrective feedback dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis
peserta didik. Rata-rata nilai kemampuan representasi matematis peserta didik meningkat dari siklus
ke siklus. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis pada siklus 1 adalah 58,3, siklus 2
meningkat menjadi 75 dan siklus 3 meningkat lagi menjadi 82,38. Selain itu, terdapat peningkatan
dalam ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dari siklus 1 sampai siklus 3. Ketuntasan belajar
peserta didik secara klasikal pada siklus 1 sebesar 41,67% sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi
72,22% dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 88,88%.

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A.

(2022). Implementasi Model

Pembelajaran TaRL dalam

Meningkatan Kemampuan Literasi

Dasar Membaca Peserta Didik di

Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP -

Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11),

–5246.

Apriani, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran

Problem Based Learning Terhadap

kemampuan Koneksi Matematis

Peserta didik. Nabala Dewantara:

Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1),

–24.

Bada, S. S., & Andriyani. (2022).

Implementation of Problem Based

Learning Model with Scientific

Approach in Improving Problem

Solving Ability and Learning

Motivation Material Opportunity for

class XII SMA. Jurnal Multidisiplin

Madani, 2(7), 3151–3172.

Farkhana, N. N., & Firmansyah, D. (2020).

Analisis kemampuan representasi

matematis siswa SMA pada materi

matriks. Prosiding

Sesiomadika, 2(1d).

Jenita, G., Sudaryati, S., & Ambarwati, L.

(2017). Upaya meningkatkan

kemampuan representasi matematis

melalui penerapan model Problem

Based Learning (PBL) siswa kelas X

MIA 1 di SMAN 4 Bekasi. Jurnal

Riset Pembelajaran Matematika

Sekolah, 1(1), 11-18.

Juhrani, J., Suyitno, H., & Khumaedi, K.

Analisis Kemampuan

Komunikasi Matematis Berdasarkan

Self-Efficacy Siswa pada Model

Pembelajaran Mea. Unnes Journal of

Mathematics Education

Research, 6(2), 251-258.

Lindquist, M. M., & Gates, J. D. (2020).

National Council of Teachers of

Mathematics. Teaching Children

Mathematics.

Mathematics, N. C. of T. of. (2000).

Principle and Standars for School

Mathematics (Vol. 21, Issue 1).

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018).

Efektivitas Problem Based Learning

Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir

Kritis Dan Representasi Matematis.

Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran

Matematika, 11(2).

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and

Analytical Framework. In OECD

Report. Permendikbud. (2014).

Permendikbud 79 Tahun 2014.

Permendikbud 79 Tahun 2014

Tentang Muatan Lokal K13.

Samad, I., Ahmad, H., & F. (2020). The

Ability to Improve Mathematical

Representation Through Media From

Lipa’ Sa’be Mandar. Jurnal Sainsmat,

(1), 57–70.

Sari, N. Y., Indiati, I., & Endahwuri, D.

(2020). Analisis Kemampuan

Berpikir Kritis Matematika Peserta

didik ditinjau dari Pemahaman

Konseptual dan Pengetahuan

Prosedural. Imajiner: Jurnal

Matematika Dan Pendidikan

Matematika, 2(6), 467– 472.

Sari, P. S., Prihatiningtyas, N. C., & Utami,

C. (2020). Analisis Kemampuan

Model Pemberlajaran Problem Based

Learning (PBL) dengan Berbantu

GEOGEBRA untuk Meningkatkan

Kemampuan Represntasi Matematis

Peserta didik SMK. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

Matematika, 4(2), 70– 77.

Susilawati, S., Chandra, T. D., & Abadyo, A.

(2019). Kemampuan Representasi

Matematis Peserta didik Kelas XI

melalui Penerapan Model Problem

Based Learning. Jurnal Pendidikan:

Teori, Penelitian, Dan

Pengembangan, 4(9), 1268–1275.

Ulfa, F. M., Asikin, M., & Dwidayati, N. K.

(2019). Membangun Kemampuan

Berpikir Kreatif Matematis Peserta

didik dengan Pembelajaran PjBL

terintegrasi Pendekatan STEM.

Prosiding Seminar, 4(2), 612–617.

Wahida, F., & Andriyani. (2022).

Effectiveness of Problem Based

Learning Model in Improving

Mathematical Connection Ability and

Active Learning Opportunity

Material. Formosa Journal of

Sustainable Research, 1(2), 97–116.

Wasiran, Y. (2017). Pengaruh corrective

feedback terhadap hasil belajar

matematika ditinjau dari self-eficacy

siswa setelah mengontrol

kemampuan awal

matematika. Wahana Didaktika:

Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(1).

Widarti, S., Yunarti, T., & Asnawati, R.

(2014). Penerapan Model Pbl Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Representasi Matematis Peserta

didik. Jurnal Pendidikan Matematika

Unila, 2(4).

Zhe, L. (2012). Survey of Primary Students’

Mathematical Representation Status

and Study on the Teaching Model of

Mathematical Representation.

Journal of Mathematics Education,

(1), 63–76.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Risdianti1, A. (2023). Pendekatan TARL Model PBL dengan Corrective Feedback untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1448–1458. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5280

Issue

Section

Prosiding 2023