Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui NHT pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar
Keywords:
NHT, hasil belajar, bilangan berpangkat dan bentuk akarAbstract
Penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX G SMP Negeri 21 Semarang pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Model penelitian yang digunakan adalah model spiral Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 74 (belum mencapai KKM) dengan persentase ketuntasan sebesar 43,75%. Hasil tersebut meningkat pada siklus 2 dengan pencapaian rata-rata kelas menjadi 81 (memenuhi KKM) dengan persentase ketuntasan sebesar 78,10%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX G SMP Negeri 21 Semarang.
References
Aniza, Hasbi, M., & Paloloang, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII Tulip Smp Negeri 14 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(3).
Dakhi, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468–470. https://www.kompasiana.com/rangga93/55292bc6f.
Faramita, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Widya Graha Pekanbaru Skripsi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Ikhwandari, L. A., Hardjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Dengan Model Numbered Heads Together (Nht). Jurnal Basicedu, 3(4), 2101-2112.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Sari, N., & Suarni, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 92-96.
Setiawati, S. (2018). APA ITU BELAJAR ? Helper, 35(1), 31.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). CV Eureka Media Aksara.
Tahun, A. I., & Kelen, Y. P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Teorema Phytagoras Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis multimedia. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 86-92.
Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64.
Yustika, G., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui NHT. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 481–493.